KONSEP PENDIDIKAN ANAK PRENATAL SECARA ISLAMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BIOLOGI

Siti Mar'atussholihah, NIM.: 00450410 (2007) KONSEP PENDIDIKAN ANAK PRENATAL SECARA ISLAMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK PRENATAL SECARA ISLAMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BIOLOGI)
00450410_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANAK PRENATAL SECARA ISLAMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF BIOLOGI)
00450410_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pemikiran yang mendasari proses mengubah sikap dan tatalak.7.1 seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan. Sedangkan anak prenatal adalah anak yang masih di dalam kandungan ibunya. Pendidikan anak prenatal merupakan suatu hal yang tidak sekedar ditekankan dalam perspektif bidang keilmuan biologi, tetapi juga sangat dianjurkan dalam perspektif keislaman. Penyusun, dalam skripsi ini mencoba menampilkan segi keislaman berdasarkan dua dasar hukum Islam, yaitu al-Qur'an dan al-Hadis, kemudian didukung oleh asar, pendapat mufassir dan para cendekiawan muslim. Sedangkan dari perspektif biologi dikaji berdasarkan bidang keilmuan psikololgi serta struktur dan perkembangan manusia prenatal atau embriologi. Skripsi ini sebatas mempergunakan konsep sebagai pembatasan pemikiran yang melandasi penyusunannya, yaitu konsep islami dan biologi. Pemahaman terhadap istilah islami dan biologi pada dasarnya tidak dapat dipisahkan. Cakupan keislaman sifatnya menyeluruh, sedangkan cakupan bidang keilmuan biologi merupakan bagian dari keislaman itu sendiri. Hal ini sesuai dengan al-Qur'an dan al-Badis, di dalamnya terdapat ayat-ayat qauliyyah. Skripsi ini merupakan implementasi dari ayat-ayat qauliyyah yaitu salah satunya adalah kajian terhadap bidang keilmuan biologi yang merupakan ayat-ayat kauniyyah. Metode penelitian deskriptif kualitatif jenis observasi non-partisipan sebagai upaya menemukan basil dari skripsi ini dengan cara menginterpretasikan tintjauan pustaka yang telah dideskripsikan, maka kemudian dapat dibandingkan antara tinjauan keislaman dan tinjauan bidang keilmuan biologi. Cakupan materi tinjauan konsep, baik secara islami maupun secara biologi terhadap pendidikan anak prenatal dalam skripsi ini meliputi kapan masa dimulainya dan batas akhir mmmasa yang diteliti oleh penyusun. Adapun batas tersebut adalah s.Mmulai sejak calon orang tua belum menikah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Ciptono, M. Si dan Drs. H. Djauhar Hatta Hasan, M
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Prenatal, Pendidikan
Subjects: Biologi
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:00
Last Modified: 11 Sep 2023 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum