STUDI EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN GELOMBANG BUNYI DENGAN MENGITEGRASIKAN LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH

Moh. Shobirin, NIM.: 00460018 (2005) STUDI EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN GELOMBANG BUNYI DENGAN MENGITEGRASIKAN LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN GELOMBANG BUNYI DENGAN MENGITEGRASIKAN LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH)
00460018_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN GELOMBANG BUNYI DENGAN MENGITEGRASIKAN LIFE SKILL DI MADRASAH ALIYAH)
00460018_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana cara menyusun materi pelajaran yang mengintegrasikan life skill pada pokok bahasan gelombang bunyi. Dari skripsi ini juga bertujuan untuk menyusun pengalaman belajar siswa yang mengintegrasikan life skill pada pokok bahasan gelombang bunyi. Dari kedua tujuan tersebut diupayakan dalam penyusunan materi dan penyusunan pengalaman belajar, dikembangkan ke dalam life skill, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi gelombang bunyi yang lebih mudal1 dan menarik. Pola pengembangan penulisan dari buku ajar ini adalah indukt(l yaitu dimulai dengan menyajikan fenomena atau pengalaman fisis, yang kemudian diuraikan dalam bentuk teo1itis, selanjutnya mengarah pada aplikasi materi gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari, dan pengembangannya ke life skill. Buku ajar ini dikembangakan melalrai standar kompetemsi, kemampuan dasar, materi pokok, indik.ator-indikator dan pengala..ma..n belajar. BtLku ajar juga disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa, maka dari itu susunan materi pelajaran disusun secara hirarki sescti dengan tingkat kesulitan dalam memahami materi gelombang bunyi. Bersesuaian dengan tingkat kesulitan materi, maka materi pokok bahasan gelombang bunyi, dimulai dengan getaran, kemudian dilanjutkan dengan gejala gelombang dan bunyi. Dari gambar­gambar yang ada di setiap ulasan sub pokok bahasan. bertujuan untuk memudahkan bagi siswa untuk memahami fenomena fisis gelombang bunyi dan diupayakan dari gambar tersebut dikembangkan dalam bentuk uraia..11 materi yang dapat membantu sis½

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof Drs. Suparwoto, M,Pd
Uncontrolled Keywords: Induktif, Pengembangan Materi, Pengalaman Belajar, Integrasi Life Skill.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:18
Last Modified: 11 Sep 2023 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum