PERAWATAN JANGKA PANJANG PADA LANJUT USIA NON- PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DUKUH 1, DENGOK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

Sasha Novintia Tamara, NIM.: 19102050042 (2023) PERAWATAN JANGKA PANJANG PADA LANJUT USIA NON- PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DUKUH 1, DENGOK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAWATAN JANGKA PANJANG PADA LANJUT USIA NON- PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DUKUH 1, DENGOK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
19102050042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAWATAN JANGKA PANJANG PADA LANJUT USIA NON- PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI DUKUH 1, DENGOK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
19102050042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lansia Non-produktif/non-potensional dalam menjalankan kehidupan hariannya membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhannya. Bantuan ini diberikan oleh anggota keluarga/saudara/orang yang merawat lansia. Berbagai bentuk bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu lansia non-potensional untuk mencapai kesejahteraan sehingga mereka memiliki kualitas hidup yang baik. Hal ini berkaitan dengan ketentraman, keikhlasan, kenyamanan, dan kebahagiaan lansia. Kualitas hidup yang baik merupakan hasil dari pemberian perawatan jangka panjang yang baik dari keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana praktik perawatan jangka panjang yang dilakukan oleh keluarga/saudara/ orang yang merawat lansia di Padukuhan Dengok I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, menjelaskan berbagai bentuk perawatan harian yang dilakukan, fungsi anggota keluarga dalam memberikan perawatan jangka panjang pada lansia non-produktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menjabarkan berbagai fenomena dan data yang didapatkan di lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dilengkapi uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1)Praktik perawatan jangka panjang di lingkungan keluarga banyak yang belum memiliki kesadaran untuk memberikan perawatan pada lansia(2) Keadaan sosial ekonomi menjadi faktor penting terhadap model perawatan jangka panjang yang diberikan keluarga untuk lansia (3) Peraawatan fisik pada lansia yang bersifat lebih personal dilakukan oleh anggota keluarga perempuan yaitu istri, keponakan perempuan, anak perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh. Ulil Absor, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Perawatan Jangka Panjang, Keluarga, Lansia Non-Produktif
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:48
Last Modified: 11 Sep 2023 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum