PERAN PEKERJA SOSIAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS SMK MAHISA AGNI GUNUNGKIDUL

Nur Endah Lestari, NIM.: 19102050031 (2023) PERAN PEKERJA SOSIAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS SMK MAHISA AGNI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS SMK MAHISA AGNI GUNUNGKIDUL)
19102050031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS SMK MAHISA AGNI GUNUNGKIDUL)
19102050031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pekerja sosial adalah sebuah profesi yang berperan dalam membantu meningkatan keberfungsian sosial baik secara individu maupun kelompok. Pekerja sosial memiliki beberapa peran yaitu, enabler, broker, fasilitator, empowerer, educator, konselor, dan advokat. Sedangkan pekerja sosial sekolah merupakan salah satu bidang praktik pekerjaan sosial yang memberikan pelayanan di lingkup sekolah. Mereka juga mempunyai peran yang sama. Namun istilah pekerja sosial sekolah masih terdengar asing di Indonesia. Hal ini dikarenakan belum banyak sekolah yang terdapat profesi tersebut. SMK Mahisa Agni merupakan sekolah yang memiliki program untuk membantu siswa agar dapat bekerja setelah lulus, namun ada juga sebagian siswanya yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Pekerja sosial dapat menjalankan perannya untuk membantu siswa yang memiliki minat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pekerja sosial dalam meningkatkan minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi di SMK Mahisa Agni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggabungkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik, yaitu dengan menggabungkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) Pekerja sosial di SMK Mahisa Agni menjalankan peran enabler, broker, educator, empowerer, konselor, advokat dan fasilitator. (2) Layanan yang diberikan pekerja sosial sekolah berupa memobilisasi orang tua agar anak dapat belajar seefektif mungkin dan menghilangkan hambatan untuk keberhasilan akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Sekolah, Guru BK
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:42
Last Modified: 11 Sep 2023 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum