REINTEGRASI PENYANDANG DISABILITAS PASCA REHABILITASI DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG

Dyah Ayu Puspo Rini, NIM.: 19102050032 (2023) REINTEGRASI PENYANDANG DISABILITAS PASCA REHABILITASI DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REINTEGRASI PENYANDANG DISABILITAS PASCA REHABILITASI DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG)
19102050032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REINTEGRASI PENYANDANG DISABILITAS PASCA REHABILITASI DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS (BRTPD) PUNDONG)
19102050032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bagi balai rehabilitasi penyandang disabilitas, keberhasilan program tidak hanya ditentukan pada saat para penyandang disabilitas berada di dalam balai saja, namun juga terus berlanjut ketika mereka telah lulus dan berhasil terreintegrasi di masyarakat. Reintegrasi ini penting dilakukan karena pada dasarnya penyandang disabilitas juga bagian dari masyarakat yang memiliki haknya untuk dapat berpartisipasi aktif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya reintegrasi yang dilakukan oleh BRTPD dan para penyandang disabilitas alumni BRTPD, serta untuk mengetahui tantang reintegrasi yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas pasca rehabilitasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya BRTPD dalam reintegrasi penyandang disabilitas pasca rehabilitasi dilakukan melalui program bina lanjut baik di dalam ataupun di luar balai. Selain oleh BRTPD, upaya reintegrasi disabilitas juga dilakukan oleh para penyandang disabilitas itu sendiri dengan cara sebagai berikut: (a) Membangun kepercayaan diri, (b) Membangun aksesibilitas, (c) Mendirikan usaha mandiri, (d) Memanfaatkan perkembangan IT sebagai upaya pemasaran produk, (e) Aktif dalam meningkatkan kemampuan diri, (f) Membangun jaringan sosial. Selain itu tantang reintegrasi yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas pasca rehabilitasi yaitu adanya stigma di masyarakat tentang penyandang disabilitas dan kendala modal usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Reintegrasi, Penyandang Disabilitas, Pembinaan Lanjut
Subjects: Kesejahteraan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:44
Last Modified: 11 Sep 2023 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum