PENGARUH PARTISIPASI LANSIA PADA POSYANDU TERHADAP KEPUASAN HIDUP LANSIA STUDI KASUS DUSUN SENDOWO, KALURAHAN SINDUADI, KAPANEWON MLATI, KABUPATEN SLEMAN

Arifah Laras Daranandri, NIM.: 19102050039 (2023) PENGARUH PARTISIPASI LANSIA PADA POSYANDU TERHADAP KEPUASAN HIDUP LANSIA STUDI KASUS DUSUN SENDOWO, KALURAHAN SINDUADI, KAPANEWON MLATI, KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PARTISIPASI LANSIA PADA POSYANDU TERHADAP KEPUASAN HIDUP LANSIA STUDI KASUS DUSUN SENDOWO, KALURAHAN SINDUADI, KAPANEWON MLATI, KABUPATEN SLEMAN)
19102050039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PARTISIPASI LANSIA PADA POSYANDU TERHADAP KEPUASAN HIDUP LANSIA STUDI KASUS DUSUN SENDOWO, KALURAHAN SINDUADI, KAPANEWON MLATI, KABUPATEN SLEMAN)
19102050039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kepuasan hidup yang dialami lansia mengakibatkan permasalahan kesehatan, emosional, dan kondisi terlantar. Sebanyak 40% kasus bunuh diri di Gunung Kidul di dominasi oleh lansia pada tahun 20191 sehingga perlunya wadah seperti posyandu lansia yang merupakan salah satu upaya preventif untuk memelihara kondisi fisik dan mental melalui berbagai aktivitas sehingga dapat meningkatkan kepuasan hidup lansia. Pekerja sosial sebagai profesi kemanusiaan memiliki peranan sebagai social planner dalam mewujudkan kepuasan hidup lansia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa adakah pengaruh partisipasi lansia dalam posyandu terhadap kepuasan hidup lansia. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik simple random sampling pada lansia yang ada di Dusun Sendowo, Sinduadi, Mlati, Sleman. Penelitian ini menggunakan instrumen Life satisfaction index-A dari Neugarten dan Quality of Life-BREF dari World Health Organization. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis uji T. Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan rata-rata kepuasan dan kualitas hidup yang signifikan antara lansia yang mengikuti posyandu dan lansia yang tidak mengikuti posyandu. Lansia yang mengikuti posyandu memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada lansia yang tidak mengikuti posyandu. Dalam menghitung besarnya pengaruh, ditemukan hasil bahwa partisipasi lansia pada posyandu memiliki pengaruh pada kepuasan hidup sebesar 21,3% dan partisipasi lansia pada posyandu memiliki pengaruh sebesar 19,3% terhadap kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh Ulil Absor, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Lansia, Kepuasan Hidup, Posyandu Lansia
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:46
Last Modified: 11 Sep 2023 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum