PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI: STUDI KASUS AGROWISATA KAMPUNG ANGGUR DI DUSUN PLUMBUNGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL

Nurul Khotimah, NIM.: 19102050048 (2023) PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI: STUDI KASUS AGROWISATA KAMPUNG ANGGUR DI DUSUN PLUMBUNGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI ; STUDI KASUS AGROWISATA KAMPUNG ANGGUR DI DUSUN PLUMBUNGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL)
19102050048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI ; STUDI KASUS AGROWISATA KAMPUNG ANGGUR DI DUSUN PLUMBUNGAN KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL)
19102050048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kelompok Wanita Tani Arimbi di Dusun Plumbungan memiliki peran penting dalam upaya pemberdayaan ibu rumah tangga. Kelompok Wanita Tani Arimbi sebagai wadah untuk memberikan kesempatan bagi perempuan maupun ibu rumah tangga untuk,menambah wawasan, pengetahuan, meningkatkan kapasitas diri serta melatih keterampilan sehingga dapat berpartisipasi dalam kehidupan keluarga maupun masyarakat. Kelompok Wanita Tani Arimbi di Dusun Plumbungan ini memberdayakan ibu-ibu melalui budidaya tanaman anggur. Dengan demikian perempuan juga memiliki kesempatan untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga serta berperan dalam pembangunan sehingga tercapai kesejahteraan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai tahapan dan dampak dari Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani di Dusun Plumbungan, Kec Bambanglipuro,Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Arimbi ini melalui tiga tahap yaitu yang pertama melalui tahap penyadaran yang dilakukan melalui pemberian contoh dan sosialisasi kepada ibu-ibu. Kedua, tahap trasformasi kemampuan yang dilakukan melalui pelatihan dan belajar melalui berbagai media. Ketiga , tahap peningkatan intelektual, kecakapan, dan keterampilan yang dilakukan oleh ibu-ibu dengan pengembangan kreasi dan inovasi sehingga terciptalah produk produk hasil dari inovasi ibu-ibu setempat serta peningkatan keterampilan yang dimiliki oleh ibu-ibu setempat. Sedangkan dampak pemberdayaan ini yaitu yang pertama menambah pendapatan keluarga, meningkatkan produktivitas dan kemandirian, terwujudnya desa wisata, dan menciptakan lapangan pekerjaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Noorkamilah, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Wanita, Kelompok Wanita Tani, Agrowisata
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:40
Last Modified: 13 Sep 2023 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum