PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI KAFE TERAS SENJA (STUDI KASUS LKS APIK MANDIRI DI JALAN TERUSAN DARUSALAM, KELURAHAN SUSUNAN BARU, KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT, KOTA BANDAR LAMPUNG)

Mila Safitri, NIM.: 19102050052 (2023) PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI KAFE TERAS SENJA (STUDI KASUS LKS APIK MANDIRI DI JALAN TERUSAN DARUSALAM, KELURAHAN SUSUNAN BARU, KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT, KOTA BANDAR LAMPUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI KAFE TERAS SENJA (STUDI KASUS LKS APIK MANDIRI DI JALAN TERUSAN DARUSALAM, KELURAHAN SUSUNAN BARU, KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT, KOTA BANDAR LAMPUNG))
19102050052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN LANSIA MELALUI KAFE TERAS SENJA (STUDI KASUS LKS APIK MANDIRI DI JALAN TERUSAN DARUSALAM, KELURAHAN SUSUNAN BARU, KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT, KOTA BANDAR LAMPUNG))
19102050052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia Bab 1 Pasal 1 Ayat 2 penduduk lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun (enam puluh) tahun keatas. Pada usia ini, lansia akan mengalami penurunan kondisi fisik maupun psikologis yang dapat berpengaruh terhadap produktivitas ekonomi dan keberfungsian sosialnya. Terinspirasi dari Jepang yang sangat menghormati keberadaan lansia di negaranya, LKS Apik Mandiri membentuk Program Kafe Teras Senja yang mencoba memahami dan memenuhi hak lansia di dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pemberdayaan lansia melalui Kafe Teras Senja oleh LKS Apik Mandiri beserta manfaat dan faktor penghambatnya. Tinjauan teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan dan lansia tangguh. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan lansia melalui Kafe Teras Senja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan utama pada lansia dengan menerapkan konsep 7 dimensi lansia tangguh dalam pelaksanaannya yang sejalan dengan tujuan dari Program Teras Senja. Penelitian ini juga meneliti faktor penghambat dalam proses pemberdayaan lansia melalui Kafe Teras Senja didapatkan hasil yaitu pengaruh hoaks terhadap lansia, jarak kantor yang jauh dengan wilayah sasaran lansia dampingan, serta tidak tersedianya transportasi pendukung untuk memudahkan akses mobilitas lansia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh. Ulil Absor, S.H.I., MA
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Lansia, Kafe Teras Senja, Lansia Tangguh
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:44
Last Modified: 13 Sep 2023 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum