KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTsN WONOKROMO BANTUL

Nisrokhah, NIM.: 00410002 (2005) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTsN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTsN WONOKROMO BANTUL)
00410002_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTsN WONOKROMO BANTUL)
00410002_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran PAI di MTsN Wonokromo Bantu!. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kuali•i:as pembelajaran PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuaiitatif, dengan mengambil latar MTsN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, rcduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pcmcriksaan kcabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui dua modus, yaitu dcngan mcnggunakan metode ganda dan sumber ganda. Has ii penelitian menunjukkan bahwa guru-guru P /\I di MTsN Wonokromo dalam pembelajaran telah memenuhi syarat sebagai guru yang mempunyai kompetensi profesional, meliputi kompetensi bidang akademik, bidang metodologi, bidang administrasi serta bidang bimbingan dan penyuluhan. Hal ini didasarkan pada beberapa hal: pertama, kemampuan penguasan bidang studi yang menjadi tugasnya serta materi pendalaman dan pengayaannya. Kedua, kemampuan dalam rnerencanakan dan me!aksanakan pembelajaran serta evaluasi: dalam merencanakan pembelajaran guru-guru PAI mampu menentukan Tujuan Instruksional Khusus, 111enentukan materi, pendekatan, alat, metode, sumber dan eval uasi. Sedangkan dalam melaksc1.nakan proses pembelajaran telah sesuai dcngan pcrencanaan, disertai dengan pcmberian motivasi dan penerapan metode yang 1cpat. Kcmampuan dalam membuat perencanaan evaluasi yang sesuai dengan tujuan instruksional khusus, melaksanakan evaluasi dan melaksanakan program tindak lanjut melalui pemberian perbaikan dan pengayaan. Ketiga, kemampuan dalam melaksanakan administrasi, yaitu administrasi guru. Hanya saja dalam bidang administrasi ini rnasih terdapat sebagian kecil guru yang tidak menjalankan administrasi kurikulum secara rutin. Keempat, kemampuan dalam melaksanakan bimbingan dan penyu1uhan yang ditandai dengan kemampuan mengidentifikasikan masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa serta memberikan layanan bimbingan belajar dan bersikap bajk di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Tasman Harnami, M.A
Uncontrolled Keywords: guru; karyawan; kompetensi profesional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:18
Last Modified: 13 Sep 2023 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum