OPTIMASI DIMENSI HINGGA MENGGUNAKAN PENGALI LAGRANGE UNTUK KONTROL EFISIENSI ENERGI PADA KERETA API TAKSAKA

RIVANA NUR HAMIDAH, NIM.: 19106010036 (2023) OPTIMASI DIMENSI HINGGA MENGGUNAKAN PENGALI LAGRANGE UNTUK KONTROL EFISIENSI ENERGI PADA KERETA API TAKSAKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
19106010036_BAB I_BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19106010036_BAB II_S.D.SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
19106010036_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang cukup digemari oleh penduduk Indonesia dalam kaitannya mobilisasi. Penelitian dengan topik kereta api sudah dilakukan sejak tahun 1800 di Benua Eropa. Sejarah perkeretaapian di Indonesia sendiri dilatarbelakangi oleh Belanda yang pernah berkuasa selama lebih kurang 350 tahun. Kereta api sebagai moda transportasi memberikan kemudahan dalam mobilisasi antar kota dan memberikan kemudahan dalam langsir logistik. Ketepatan waktu, keterjangkauan harga tiket, dan efektivitas moda transportasi kereta api menjadikannya unggul daripada moda transportasi lainnya. Kereta api sebagai benda bergerak tentu memiliki dinamika yang cepat berubah setiap waktunya, oleh karenanya penelitian tugas akhir ini mengambil objek kereta api. Penelitian ini berfokus untuk menemukan nilai efisiensi energi dengan studi kasus KA Taksaka dengan memodifikasi mode mengemudinya sehingga ditemukan mode mengemudi optimal. Penelitian ini melibatkan metode pengali Lagrange untuk menganalisis dinamika yang terjadi pada kereta api dan melibatkan simulasi numerik untuk perhitungannya. Melalui pemodelan matematika dan analisis fungsi – fungsi kompleks yang menyangkut kereta api, di akhir penelitian dapat mencapai nilai – nilai efisiensi energi sebagai bentuk pertimbangan untuk mengoptimalkan dinamika kereta api. Hubungan antara strategi mengemudi yang optimal dan tercapainya efisiensi energi menjadi fokus dalam penelitian tugas akhir ini, di mana fase – fase yang diterapkan saat mengemudi sangat mempengaruhi dinamika energi yang bekerja pada sistem perkeretaapian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Wakhid Musthofa, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Pengali Lagrange, Teori Kontrol, Pemodelan, Efisiensi
Subjects: Matematika
Sains
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Sep 2023 14:15
Last Modified: 13 Sep 2023 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum