WANITA DAN KEKUASAAN (STUDI TENTANG PERNIKAAHAN RAJA - RAJA MATARAM ISLAM TAHUN 1586-1677 M DALAM PERSPEKTIF POLITIK)

Sri Ayem, NIM.: 01120595 (2006) WANITA DAN KEKUASAAN (STUDI TENTANG PERNIKAAHAN RAJA - RAJA MATARAM ISLAM TAHUN 1586-1677 M DALAM PERSPEKTIF POLITIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WANITA DAN KEKUASAAN (STUDI TENTANG PERNIKAAHAN RAJA - RAJA MATARAM ISLAM TAHUN 1586-1677 M DALAM PERSPEKTIF POLITIK))
01120595_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (WANITA DAN KEKUASAAN (STUDI TENTANG PERNIKAAHAN RAJA - RAJA MATARAM ISLAM TAHUN 1586-1677 M DALAM PERSPEKTIF POLITIK))
01120595_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan yang dilakukan untuk memperkuat kedaulatan Mataram islam tidak hanya dilakukan oleh raja, tetapi juga segenap keluarga raja. Putri - putri raja dijodohkan dengan tujuan menetapkan suatu perdamaian dan mengambil hati raja. Hal ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan kekerabatan dan melestarikan trah Mataram yang dianggap unggul. Penelitian ini berupaya menjelaskan lebih jauh tentang kedudukan dan pengaruh wanita di dalam kehidupan politik-politik Kerajaan Mataram. Hal yang diteliti adalah tentang wanita dan kaitannya dengan pernikahan raja-raja Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian literatur yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga merupakan komponen penting untuk mrmbina suatu negara yang berbentuk kerajaan seperti kerajaan mataram islam. Wanita, pernikahan, dan trah merupakan hal yang ber[engaruh terhadap kepemimpinan para raja Mataram islam. Wanita yang diakui sebagai pendamping raja juga dapat memberikan pengaruh berupa kewibawaan, ekonomi, dan legistinasi dalam bentruk trah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Riswinarno, SS
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan Jawa, Peran Wanita Jawa, Pernikahan
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 16:06
Last Modified: 15 Sep 2023 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum