DAKWAH FARDIYAH DALAM PEMBINAAN MUALLAF DI YAYASAN AMAL MUSLIM MUHAJIRIN ANSOR (STUDI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL)

Ina Desiana, NIM.: 00210357 (2006) DAKWAH FARDIYAH DALAM PEMBINAAN MUALLAF DI YAYASAN AMAL MUSLIM MUHAJIRIN ANSOR (STUDI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAKWAH FARDIYAH DALAM PEMBINAAN MUALLAF DI YAYASAN AMAL MUSLIM MUHAJIRIN ANSOR (STUDI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL))
00210357_BAB I_BAB IV_DAFTRAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (DAKWAH FARDIYAH DALAM PEMBINAAN MUALLAF DI YAYASAN AMAL MUSLIM MUHAJIRIN ANSOR (STUDI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL))
00210357_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Yayasan Amal Muhajirin Anshor (AMMA) merupakan salah satu wadah bagi mualaff untuk memperkenalkan Islam lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses tahapan dakwah fardiyah dalam membina mualaf yang dilaksanakan melalui pendekatan komunikasi interpersonal. Selain itu juga untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembinaan mualaf dalam pelaksanaan dakwah fardiyah di Yayasan AMMA. setiap hari penelitian ini adalah pembina atau pembimbing mualaf dan juga mualaf Yayasan AMMA. sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah metode dakwah fardiyah melalui pendekatan komunikasi interpersonal. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni melalui metode observasi metode interview dan metode dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sedangkan untuk analisis data menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah fardiyah merupakan dakwah perseorangan. Ada beberapa metode yang diterapkan dalam membina mualaf di yayasan AMMA yaitu metode dialog, metode tanya jawab, metode silaturahmi, metode demonstrasi, dan metode ceramah. Dalam dakwah ada beberapa tahapan agar tujuan pembinaan dapat mengenai di hati mualaf. Ada beberapa proses tahapan yang dilakukan dalam dakwah fardhiyah yakni masa taaruf atau masa perkenalan, meluruskan pemahaman dan membentuk kecenderungan menguji kebenaran pemahaman dan kejujuran loyalitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Evi Septiani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Yayasan AMMA, Dakwah Islam, Mualaf
Subjects: DAKWAH ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 16:10
Last Modified: 15 Sep 2023 16:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum