PROBLEM PEMUDA DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA DUA PEMUDA PRANIKAH DI DESA TRIMULYO, KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)

Andri Suryanto, NIM.: 00220066 (2007) PROBLEM PEMUDA DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA DUA PEMUDA PRANIKAH DI DESA TRIMULYO, KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEM PEMUDA DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA DUA PEMUDA PRANIKAH DI DESA TRIMULYO, KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
00220066_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEM PEMUDA DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA DUA PEMUDA PRANIKAH DI DESA TRIMULYO, KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
00220066_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat kita sering menganggap bahwa orang yang masih sendiri di usia dewasa adalah aib. Apalagi orang tersebut sudah mrmiliki kemampuan materi, maka kesendirian merupakan masalah yang pada akhirnya akan menambah keresahan dan mengikis rasa percaya diri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui problem dalam menentukan hidup dan untuk mengetahu usaha yang ditempuh dalam menentuan pasangan hidup oleh dua orang pemuda di Desa trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah dua orang pemuda Desa trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, sedngkan obyeknya adaah masalah- masalah yang menjadi kendala dalam mendapatkan pasangan hidup serta usaha - usaha yang dilakukan oleh kedua pemuda tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi dan interview. Metode yang dilakukan untuk melakukan analissi data adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa masalah yang dihadapi oleh kedua pemuda yakni orang tua, sikap idealis, kt=riteria wanita, problem ekonomi, dan kurang pergaulan. Usaha usaha yang telah dilakukan oleh kedua pemuda yakni memiliki gambaran yang baik tentang calon istri, mencari informasi tentang keberadaan calon pasangan, memilih dan menentukan calon istri, dan memiliki kriteria calon istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Hamdan Daulay, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pemuda; pernikahan; pasangan hidup; perkawinan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:15
Last Modified: 18 Sep 2023 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum