PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH

Naili Nur Rahmawati, NIM.: 00460350 (2005) PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH)
00460350_ BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEORI KECERDASAN GANDA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN BLORA JAWA TENGAH)
00460350_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Peneiitian Ill1 untuk mengetahui (1) penerapan teori kecerdasan ganda dalam strategi pembelajaran fisika (2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan berdasarkan teori kecerdasan ganda dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan linguistik tradisional pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas X MAN Blora tan.pa atau dengan melibatkan variabel sertaan. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Blora, populasi penelitian adalah siswa kelas X sebanyak lima kelas. Sampel yang diambil adalah empat kelas dari lima kelas yang ada. Kelas X2 dan kelas Xi masing-masing terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas X1 sebanyak 40 siswa dan kelas X3 sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan ''pre-test dan post-test kelompok kontrol dan eksperimen tan.pa acak". Pengujian hipotesis dengan menggunakan anava dan anakova untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa pada pembelajaran menggunakan teori kecerdasan ganda dan pada pembelajaran menggunakan linguistik tradisional tan.pa atau dengan menggunakan variabel sertaan kemampuan awal dan kecerdasan ganda. Uji BRS untuk mengetal1ui prestasi belajar man.a yang lebih baik dan analisis regresi untuk mengetahui besar sumbangan variabel sertaan kemampuan awal clan kecerdasan ganda terhadap prestasi belajar. Tes prestasi belajar yeng terdiri dari 30 butir sahih, dengan reliabilitas 0,8 yang berarti sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji anava dan anakova dalam penelitian ini diperoleh F hitung (94,922) > F tabel 5% (3,9), hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa pada pembelajaran menggunakan teori kecerdasan ganda dengan siswa pada pembelajaran menggunakan linguistik tradisional tanpa atau dengan melibatkan variabel sertaan kemampuan awal dan kecerdasan ganda. Berdasarkan uji BRS diperoleh D. YA (9,548) > BRS tabel 5% (1,363), hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar menggunakan teori kecerdasan ganda lebih baik dari pembelajaran menggunakan linguistik tradisional. Hasil analisis regresi diperoleh sumbangan efektif variabel sertaan kecerdasan ganda terhadap prestasi belajar sebesar 3,803 % sedangkan kemampuan awal terhadap prestasi belajar sebesar 0,001 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dwi Sabda Budi Prasetya, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Ganda, Fisika, Strategi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2023 10:50
Last Modified: 30 Oct 2023 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum