EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DAN TATA SURYA SISWA KELAS II MA BERDASARKAN STRUKTURISASI MATERI FISIKA DAN AL-QUR'AN

Rahya, NIM.: 00460474 (2004) EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DAN TATA SURYA SISWA KELAS II MA BERDASARKAN STRUKTURISASI MATERI FISIKA DAN AL-QUR'AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUI\,:11 DAN TATA SURYA SISWA KELAS II MA BERDASARKAN STRUKTURISASI MA TERI FISIKA DAN AL-QUR' AN)
00460407_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPLORASI PENYUSUNAN MATERI PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUI\,:11 DAN TATA SURYA SISWA KELAS II MA BERDASARKAN STRUKTURISASI MA TERI FISIKA DAN AL-QUR' AN)
00460407_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan sumber infonnasi berupa literature atau pustaka yang sesuai. Peneliti berusaha untuk menjajaki atau mencoba melakukan kajian dalam rangka penyusunan dan pengembangan mate1i pelajaran IPBA dengan pokok bahasan struktur bmni dan tata surya berdasarkan strukturisasi materi fisika dan al-Qur' an. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah mata pelajaran fisika dengan pokok bahasan stmktur bumi dan tata surya. Subjek yang diteliti dan ditulis bersun1ber dari naskah tekstual dengan keterbatasannya, sehingga dalam penyusunan materi ini dijelaskan lewat deskripsi rasional. Sedangkan yang menjadi sumber tulisan adalab GBPP kurikulum fisika 2004, sumber bacaan IPBA yang relevan dan tafsir al-Qur'an yang sejalan dengan pokok bahasan struktur bumi dan tata surya. Berangkat dari belum adanya buku-buku pelajaran bagi MA khusunya ilmu pengetahuan bmni dan antariksa (IPBA) yang memadukan antara ilmu pengetahuan dan agama (al-Qur'an) bagi sekolal1 Madrasah Aliyah yang memiliki latar belakang agama, maka mendorong peneliti untuk mengenalkan tulisan keterkaitan antara sains dan agama lewat langkah mengeksplorasi bahan ajar / IPBA di Madrasal1 Aliyah yakni mata pelajaran fisika untuk kelas IL Penyusunan materi pelajaran fisika yang berdasarkan strukturisasi materi fisika dan al-Qur' an ini diharapkan dapat menjadikan para peserta didik memperoleb pengalaman sebagai "ilmuan kecil" yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam penyusunan materi pelajaran IPBA ini mengacu pada GBPP kurikulum fisika tahun 2004. Materi pelajaran yang disusun berdasarkan strukturisasi materi fisika dikembangkan dengan mengintegrasikan ayat-ayat al­Qur' an yang sesuai kedalam bentuk kompetensi, diteruskan dengan menggali kemampuan dasar dan pengembangan pengalaman belajamya. Sebingga basil akbir yang diharapkan berupa susunan materi atau bahan ajar yang didasarkan pada strukturisasi materi fisika dengan mengintegrasikan ayat-ayat al-Qur'an. Dalam IPBA dijelaskan bahwa alam semesta bergerak teratur dikarenakan adanya suatu gaya yang disebut gaya gravitasi, yang mengakibatkan semua planet bergerak secara teratur. Gaya gravitasi ini dalam al-Qur' an dijelaskan dalam surat Al-Anbiya: 33 dan surat Yaasiin ayat 40, dimana dinyatakan babwa planet-planet beredar dalam garis edarnnya. Ini menunjukan babwa Al-Qur'an tetap up to date. Berdasarkan basil penelitian bahan ajar yang didasarkan pada kedua faktor tersebut belum dikenal di linglomgan pendidikan khususnya sekolah yang berbasis agama, sehingga dengan dilakukannya eksplorasi bahan ajar yang didasarkan strukturisasi fisika dan al-Qur' an ini mampu meningkatkan mutu / kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di sekolah yang berlatar belakang agama seperti halnya Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. H. Suparwoto, M. Pd dan Jauhar Hatta, M. Ag
Uncontrolled Keywords: GBPP Fisika, Life Skill, Pengalaman Belajar, Kompetensi Tata Surya.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:15
Last Modified: 18 Sep 2023 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum