PERBEDAAN PRESTASI PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMANGKON ANTARA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POP DAN KONVENSIONAL DENGAN MELIBATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROPORSI PADA MATERI GEJALA PEMANTULAN DAN PEMBIASAN

An'amul Mubarokah, NIM.: 00460499 (2005) PERBEDAAN PRESTASI PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMANGKON ANTARA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POP DAN KONVENSIONAL DENGAN MELIBATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROPORSI PADA MATERI GEJALA PEMANTULAN DAN PEMBIASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PREST ASI PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMANGKON ANT ARA PENERAPAN STRA TEGI PEMBELAJARAN POP DAN KONVENSIONAL DENGAN MELIBATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROPORSI PADA MA TERI GEJALA PEMANTULAN DAN PEMBIASAN)
00460499_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PREST ASI PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI I KEMANGKON ANT ARA PENERAPAN STRA TEGI PEMBELAJARAN POP DAN KONVENSIONAL DENGAN MELIBATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROPORSI PADA MA TERI GEJALA PEMANTULAN DAN PEMBIASAN)
00460499_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi pembelajaran fisika siswa antara penerapan strategi pembelajaran POP dan konvensional dengan melibatkan pernaharnan konsep proporsi. Kedua untuk mengetahui sumbangan pemahaman konsep proporsi baik pemahaman konsep proporsi verbal maupun pemahaman konsep proporsi geometri terhadap peningkatan prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMAN I Kemangkon Tahun Ajaran 2004/2005 pada bulan April sampai dengan Mei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara diundi. Setelah dilakukan pengundian ditentukan kelas X B sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas X c sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi pembelajaran fisika antara kelas kontrol dengan penerapan strategi konvensional dan kelas eksperimen dengan penerapan strategi POP dengan maupun tanpa melibatkan pemahaman konsep proporsi. Dengan uji ANA VA diperoleh F =117,501 > F ,.s> F ,.s. =3,98, dan uji ANAKOVA diperoleh F hit =106,360 >F ,,s% =3,98. Dari analisis regresi diperoleh sumbangan efektif pemahaman konsep proporsi baik proporsi verbal maupun proporsi geometri secara berurutan adalah 11,718 % dan 3,914 %,sedangkan sumbangan relatif pemahaman konsep proporsi baik proporsi verbal maupun proporsi geometri secara berurutan adalah 74,963 % dan 25,037. Dengan uji beda rata-rata skor diperoleh harga Ay > BRS 1,5% • Ini berarti bahwa prestasi belajar fisika siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi POP Iebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran fisika dengan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. Suparwoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Prestasi, Strategi Pendidikan, Pemahaman Konsep Proporsi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:15
Last Modified: 02 Oct 2023 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60357

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum