PERAN OLAHRAGA KARATE DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SMP IT (ISLAM TERPADU) ABU DAKAR UMBULHARJOYOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

Senny Erita, NIM.: 00470015 (2006) PERAN OLAHRAGA KARATE DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SMP IT (ISLAM TERPADU) ABU DAKAR UMBULHARJOYOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN OLAHRAGA KARATE DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SMP IT (ISLAM TERPADU) ABU DAKAR UMBULHARJOYOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
00470015_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN OLAHRAGA KARATE DALAM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI SMP IT (ISLAM TERPADU) ABU DAKAR UMBULHARJOYOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
00470015_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Manusia diciptakan A1lah SWT dengan dua unsur potensi, yaitu unsur jasmani dan wisur rohani, yang keduanya saJing mempengaruhi. Yang keduanya harus dipelihara kesehatan dan kekuatannya. Olahraga karate bukan banya berorientasi kepada kesegaran jasmani saja, tetapi juga kesehatan serta pembinaan mental dalam. hal ini kecerdasan emosionalnya, dan juga spiritualnya yang mengarah kepada terciptanya manusia yang berbudi luhur (berkepribadian muslim). Karate sebagai sa]ah satu olahraga be1adiri yang tidak pemah membedakan sesama manusia dengan toleransi yang tinggi. SMP IT Abu Bakar dijadikan tempat penelitian karena banyak menampilkan unsur kegiatan keagamaan, sebagai ciri khas sekolah Islam. Adapwi yang menjadi pokok permasalahan dari skripsi ini adalah : bagaimana o1ahraga karate itu dapat meningkatkan potensi kecerdasan emosionaJ anak di SMP IT Abu Bakar dan bagaimana konsep kecerdasan emosional da1am olahraga karate bila ditinjau dari perspektifpendidikan Islam? Tujuan dari peneJit:ian skripsi ini adaJah untuk mendeskripsikan peran olahraga karate dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak I SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. Untuk mengetahui manf.aat pendidikan karate di SMP IT Abu Bakar dalam menunjang pembentukan pribadi muslim, ditinjau dari ilmu pendidikan Islam. Juga untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kecerdasan emosional anak: di SMP IT Abu Bakar. Metode yang digunakan penulis, adalah: metode penentuan subjek, metode pengumpulan data yang meliputi observasi, interview, dokumentasi dan angket, dan metode analisis data yang terdiri dari metode deskriptif analisis dan metode analisis data kuantitatif Olahraga karate dapat berperan dalatn peningkatan kecerdasan emosional anak di SMP IT Abu Bak:ar UmbuJharjo Yogyakarta. Karena daJam haJ ini oJahraga karate bukan hanya mempengaruhi perkembangan fisik seseornng saja, tetapi juga kesehatan psikisnya. Dengan olahraga / latihan secara teratur memiliki pengaruh positifterhadap kualitas kepribadian siswa. Terutama sikap percaya dirinya yang makin bertambah,. keterampiJan sosia1nya, motivasi belajamya, dan pengendaJian rasa marah atau emosinya. Ini termasuk dalam stretegi pendidikan Islam. Jilca mental dan fisik telah terbangun maka spiritual juga akan terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Ralnnat Suyud, M.Pd
Uncontrolled Keywords: EQ Anak, Pendidikan Islam, Olahraga
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:14
Last Modified: 18 Sep 2023 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum