OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUJ METODE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKA TKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Chusnul Suhaemah, NIM. 02461198 (2007) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUJ METODE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKA TKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUJ METODE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKA TKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
02461198_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUJ METODE LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKA TKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
02461198_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan format pembelajaran fisika melalui metode Leaming Cycle untnk mengaktitkan dan meningkatkan penguasaan konsep :fisika, materi suhu dan kalor. PeneJitian ini dilakukan berdasarkan observasi dan pennasalahau yang terjadi di kelas XC MA Ali Maksum Y ogyakarta, yaitu komunikasi satu arah antara guru siswa dan kurang aktifuya siswa dalam pembelajaran fisika khususnya fisika. Adanya pembelajaran melalui metode Learning Cycle dih.arapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan konsep fisika siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) dengan subjek penclitian kelas XC Maksmn Y ogyakarta yang berjumlah 24 siswa. PeneJitian ini dilakukan dalam dua siklus rum tindakan tiap siklusnya terdiri dari lima tahap yaitu melibatkan ( engange ), tahap mengungkapkan (explore), tahap menjelaskan (explain), tahap mengembangk:an (extend), dan tahap evaluasi (evaluate). Pada siklus pertama, pada tahap melibatkan (engange) siswa mengerjakanpretest, gum menyampaikan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan indikator materi pelajarau, memberikau apersepsi dau pennasalahan. Pada tallap mengungkapkan (explore) siswa melakukan praktikum dengan mendesaiu sesuai gambar tanpa bertanya lebih dahulu, tahap menjclaskan (explain) siswa melaku.kan diskusi kelas, dan tahap mengen1bangkan ( extend) siswa berkelompok membuat soal beserta penyelesaiannya berdasarkan hasi1 diskusi dan siswa mengerjakan posttest, dan tahap evaluasi (evaluate), yaitu mengevaluasi proses pembelajaran berdasarkan hasil pekerjaan siswa. Pada siklus kedua mempakan refleksi SJ'klus pertama, nanmn pada tahap mengungkapkan (explore) siswa memmuskan soal beserta peuyelesaiannya berdasarkan tujuan percobaan, dan pada tahap mengembangk:an ( extend) siswa melengk:api pemyataan yang dibuat oleh gum. Hasil penelitian memmjukkan bahwa siklus kedua ada]ah tindakan 1ebih efektifjika dibaudingkau dengan siklus pertm:na dalam hal meniugkatkan aktivitas siswa. Peuerapau metode Le.aming Cycle dapat meniugkatkau penguasaan konsep fisika pada siswa. Pada siklus I peningkatan mencapai 58,3% dan siklus II peuingk:atan mencapai 83,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M. Si
Uncontrolled Keywords: : Metode Leaming Cycle, Penguasaan Konsep Fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Sep 2023 15:13
Last Modified: 27 Sep 2023 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum