TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG KURIKULUM TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Pendekatan Historis,-Filosofis)

Asih Mardikani, NIM.: 00410428 (2005) TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG KURIKULUM TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Pendekatan Historis,-Filosofis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG KURIKULUM TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Pendekatan Historis,-Filosofis))
00410428_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG KURIKULUM TARBIYAH IKHWANUL MUSLIMIN (Pendekatan Historis,-Filosofis))
00410428_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Adanya Imperialisme Barat dan perang globalnya telah mempengaruhi setiap lini kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Pendidikan lslam telah bersandar pada flosofi Barat yang jauh dari akar agama dan budaya Islam. Kurikulum yang dijadikan acuan proses pendidikan dengan filosofi Barnt akan menghasilkan output dengan pemikiran dan budaya Barat sehingga jauh dari fikrah, nilai-nilai dan akhlak Islam. Dari sebab inilah penelitian terhadap pemikiran al Banna clisusun, karena al Banna berusaha untuk memasukkan dan menjalankan kembali kurikulum pendidikan Islam yang berdasarkan fikrah dan sumber-sumber Islam. Rumusan Masalah yang diambil meliputi 2 hal yaitu ( 1) latar belakang apa yang mernpengaruhi pernikiran al Hanna (2) untuk mcngctahui kurikulurn tarbiyah al Banna yang difokuskan pada tarbiyah individu. Kerangka Teori yang dipakai mengacu pada sistematika pembagian kurikulum Hilda Taba yang rncliputi tujuan, matcri, mctodc, clan cvaluasi. Adapun pemikiran yang dijadikan acuan lebih banyak mengambil pemikiran Pendidikan Filsafat Pendidikan Islam at Toumy Metode yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan historis-filosofis. Analisis data yang digunakan untuk membahas data adalah: deskripsi, analisis, interpretative dan induktif. Hasil penelitian skripsi ini memaparkan bahwa pcmikiran yang dirumuskan al Banna dengan paradigma tarbiyahnya yang dikatakan ideal, tidak terlepas dari berbagai faktor yang rnelingkupinya, dari faktor kondisi keislmmrn masyarakatnya yang mulai luntur dan hedonis, riwayat pendidikan yang didapatnya dari berbagai tempat, dan asuhan keluarganya yang islami dan menghargai ilmu. Hasil penelitian ini juga rnenunjukkan bahwa al Banna dalam meletakkan fikrah Islam ke dalam dasar kurikulum tarbiyahnya, menjadikan al Qur'an dan sunah Nabi sebagai acuan, sehingga mulai dari filsafat sebagai dasar berfikir, tujuan, mctode, dan sistem evaluasi dalam kurikulum bersesuainn dengan apa yang dikehendaki Islam. Hal ini juga ditunjukkan dari bagaiamana al Banna memberkan pengertian lslam secara komprehensif dan menjabarkan fikrahnya. Sekalipun al Banna sangat memegang prinsip Islam dalam menjalankan sistem pendidikannya, al Banna tidak mcnutup diri dengan berbagai metodologi pengajaran dari luar Islam (Barat) dengan masih memperhatikan tingkat kesesuaian dan dapat diterapkan guna pengembangan dan pencapaian tujuan, selaras dengan berbagai potensi anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Al-Banna; tarbiyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:57
Last Modified: 18 Sep 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum