MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PONDOK PESANTREN TAP AK SUNAN JAKARTA

Ainul Fida, NIM. 0247 1308 (2007) MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MA PONDOK PESANTREN TAP AK SUNAN JAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKA TKAN KINERJA GURU l\1A PONDOK PESANTREN TAP AK SUNAN JAKARTA)
02471308_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKA TKAN KINERJA GURU l\1A PONDOK PESANTREN TAPAK SUNAN JAKARTA)
02471308_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dilihat dari kondisi obyektif guru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tapak Sunan secara keseluruhan sebagian besar sudah cukup mcmenuhi syarat sebagai guru yang kompeten, sehingga guru sebagai manajer dapat melaksanakan tugasnya dengan bailc Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan pelaksanaan fungsi manajemennya dari tahun ke tahun. 2.Peran manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Tapak Sunan sangat penting dalam pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hubungannya dcngan manajemen pendidikan tugas guru tidak hanya mendidik, tapi juga sebagai manajer kelas .Peran manajemcn penclidikan di Madrasah Aliyah Tapak Sunan yang dilihat dari fungsi manajemennya terdiri dari a.Perencanaan, yaitu membuat program pengajaran yang mencakup Analisis Materi Pelajaran, Program Tahunan dan Semester, Program Satuan Pelajaran, Program Rencana Pembelajaran dan Lembar Kerja siswa b.Pengorganisasian yaitu mengatur dan menghubungkan sumber belajar agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar c. Pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan penilaian belajar ulangan harian atau semester, rnelaksanakan analisis hasil ulangan harian, mengisi daftar nilai siswa dan rnengadakan pengernbangan bidang pengajaran yang rnenjadi tanggung jawabnya. d. Pengawasan yaitu rneneliti daftar hadir siswa dan rnengatur ruang kelas. Untuk mencapai kinerja guru yang baik, maka ada beberapa upaya yang dilakukan madrasah yaitu: mengadakan latihan dan penataran, rnelakukan supervisi, rnengupayakan agar guru benar-benar berfungsi, rnemberikan penghargaan kepada guru berprestasi, mengadakan rapat guru, dan rneningkatkan kesejahteraan guru-guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ulmisbah Munir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen kependidikan, kinerja guru, Tapak Sunan Jakarta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:32
Last Modified: 29 Sep 2023 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum