IMPLEMENTASI PENDEKA TAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNINCi) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Ita Rhohayati, NIM. 03410068 (2007) IMPLEMENTASI PENDEKA TAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNINCi) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKA TAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNINCi) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
03410068_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKA TAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNINCi) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
03410068_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman Y ogyakm1a. Skripsi. Y ogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi-materi dalam PAI sub kompetensi aqidah dan ibadah yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman Y ogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana implementasinya dalam proses pembelajaran dan apa yang menjadi faktor pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode induktif yaitu pembahasan masalah bertolak dari pengumpulan data/ fakta-fakta suatu masalah, kemudian fakta yang sudah ada diambil konklusi untuk dijadikan standar. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi-materi dalam PAI sub kompetensi aqidah dan ibadah yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL antara lain adalah: untuk materi aqidah antara lain yaitu iman kepada Allah swt, iman kepada kitab Allah swt (al-Quran), iman kepada hari kiamat, ikhtiar dan tawakkal. Sedangkan untuk materi ibadah antara lain adalah thaharah, shalat, jenazah, zakat maal, makanan dan minuman, shodaqoh, binatang, qurban dan haji. (2) Implementasi pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI (sub kompetensi aqidah dan ibadah) di SMP Muhammadiyah 3 Depok telah dilaksanakan sesuai konsep CTL yang ada dan hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan. (3) Faktor pendukung implementasi CTL dalam pembelajaran aqidah dan ibadah di SMP Muhammadiyah 3 Depok secara umum adalah a). Respon positif dari siswa dalam proses pembelajaran sub kompetensi aqidah dan ibadah, b). Kreatifitas guru dalam menggunakan metode belajar yang efektif, c). Tersedianya sarana pendukung yang memadai, d). Tersedianya media pembelajaran yang efektif, e ). Dukungan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karwadi. M A.g
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama TL
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:50
Last Modified: 18 Sep 2023 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum