PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH (STUDI DI MAK PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA SUMATERA SELATAN)

Widya Sari, NIM.: 00470194 (2005) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH (STUDI DI MAK PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH (STUDI DI MAK PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA SUMATERA SELATAN))
00470194_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH (STUDI DI MAK PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA SUMATERA SELATAN))
00470194_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kunci yang sangat penting dalam proses pembangunan. Pendidikan juga merupakan kunci terbentuknya sumber daya manusia (SDM) yang handal, berkualitas, kreatif, mandiri dan profesiona untuk menciptakan SDM seperti itu, maka haruslah diciptakan pendidikan yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut, salah satu kriteria yang mendukung keberhasilan suatu pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum berpengaruh sekali pada maju dan mundurnya pendidikan. Seperti disebutkan dalam buku I/mu pendidikan Islam karya M. Arifin bahwa " kurikulum itu tidak statis tetapi dinamis dan senantiasa dipengaruhi oleh perubahan­ perubahan dalam faktor-faktor yang mendasarinya. Menurut jenisnya penelitian ini adalah penelitian lapangan. Yakni suatu penelitian yang bertujuan melakukan study yang mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisasi dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial. Dalam hal ini peneliti membedakan subyek (infonnan) penelitian menjadi 2 yaitu : informan kunci dan informan pendukung. Metode pengumpulan data Observasi, Observasi Intervierw dan Dokumnetasi. Hasil penelitian Sesungguhnya dalam penerapan KBK tidak terlepas dari peranan seorang guru di dalam proses pembelajarannya di dalam kelas. Hal itu dapat dilihat dari empat kegiatan pokok dalam mengimplementasikan KBK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Penerapan KBK, Kualitas Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:54
Last Modified: 18 Sep 2023 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum