MODIFIKASI KURIKULUM 1994 DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs. PONDOK PESANTREN GUNUNG GALESA MOYO HILIR SUMBA WA BESAR NTB

M. Naiamuddin Syar'i, NIM.: 00470259 (2005) MODIFIKASI KURIKULUM 1994 DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs. PONDOK PESANTREN GUNUNG GALESA MOYO HILIR SUMBA WA BESAR NTB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODIFIKASI KURIKULUM 1994 DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs. PONDOK PESANTREN GUNUNG GALESA MOYO HILIR SUMBA WA BESAR NTB)
00470259_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MODIFIKASI KURIKULUM 1994 DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs. PONDOK PESANTREN GUNUNG GALESA MOYO HILIR SUMBA WA BESAR NTB)
00470259_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional yang bertahan dengan konsentrasi keilmuan tradisional saat sekarang sedang menghadapi dua pilihan dilematis, pesantren harus mengambil sikap apakah akan tetap mempertahankan tradisinya, yang mungkin akan dapat menjaga nilai-nilai agamanya seperti keadaan sekarang, atau mengikuti perkembangan dengan resiko kehilangan asetnya. Tetapi sebenamya ada jalan ketiga hanya saja menuntut kreatifitas dan kemampuan rekayasa pendidikan yang tinggi melalui pengenalan aset-asetnya atau identitasnya lebih dahulu kemudian melakukan pengembang secara modern. Hal inilah yang peneliti lihat dan ingin angkat sebagai bahan skripsi dimana demi menjaga konsentrasi keilmuan religius tradisional sekaligus mengikuti perkembangan zaman, dalam upayanya Pondok pesantren Gunung Galesa mencoba mengadakan pengembangan/modifikasi di bidang kurikulum khusunya kurikulum 1994 untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs/SLTP) . Dalam melakukan penelitian ini untuk memperoleh hasil yang maksimal dan obyektif, penulis menempuh penelitian yang bersifat lapangan, sehingga penulis menggunakan beberapa metode, seperti metode penentuan subyek, metode pengumpulan data, pengolahan/analisis. erdasarkan uraian-uraian dan analisa-analisa diatas maka dapatlah penulis mengambil beberapa kesimpulan di dalam skripsi ini, yaitu sebagai berikut: 1. Salah satu upaya yang dilakukan Pondok pesanten Gunung Galesa guna meningkatkan mutu siswa dan alumni/outputnya adalah dengan melakukan modifikasi terhadap kurikulum 1994, yang diterapkan mulai pada tahun ajaran 2001/2002 2. Alasan memakai kurikulum 1994 yang dimodifikasi adalah tidak berimbangnya alokasi waktu antara pelajaran umum dan pelajaran agama, sementara pelajaran agama adalah inti dari sebuah pondok pesantren. 3. Langkah-langkah modifikasi kurikulum yang dilakukan Pondok pesantren Gunung galesa adalah dengan menambahkan jumlah jam pelajaran pada setiap mata pelajaran Agama sehingga, jumlah pelajaran agama seluruhnya berjumlah 20 jam pelajaran dan jumlah jam pelajaran umum 28 jam sehingga seluruhnya berjumlah 48 jam pelajaran perminggu, adapun pelaksanaannya adalah 8 jam setiap hari dimulai pada hari sabtu sampai dengan hari kamis. 4. Modifikasi kurikulum 1994 terwujud dari perpaduan antra kurikulum 1994 DEPAG dan Kurikulum Pondok Pesantren. 5. Menggunakan kurikulum 1994 yang telah dimodifikasi memberikan hasil yang menggembirakan, berdasarkan hasil evaluasi tahap akhir, prestasi-prestasi yang telah diraih oleh para alumni di segala bidang. 6. Hasil yang diperoleh dari modifikasi kurikulum 1994 ini, lebih difokuskan kepada keberhasilan atau prestasi yang diperoleh para alumninya, terlihat pula dari kesiapan para alumni terjun ke dalam lingkungan masyarakat. 7. Respon masyarakat terhadap modifikasi kurikulum 1994 ini cukup baik dimana dsengan ikut berperan sertanya mereka dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar di MTs. Pondok pesantren Gunung Galesa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 1994, Modifikasi Kurikulum, Kurikulum Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:05
Last Modified: 18 Sep 2023 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum