KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH (MDNU) PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Bastiah Ai Ratna Sukmawati, NIM.03410127 (2007) KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH (MDNU) PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH (MDNU) PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
03410127_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TAUHID DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH (MDNU) PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
03410127_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Bastiah Ai Ratna Sukmawati. Kompetensi Gum Mata Pelajaran Tauhid di Madrasah Diniyah Nurul Ummah (MDNU) Putri Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyaka11a: Fakultas Tarbiyah UIN Suna11 Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujua11 untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Kompetensi Gum Mata Pelajaran Tauhid di Madrasah Diniyah Nurul Umrnah (MDNU) Putri Kotagede Yogyakarta serta fuktor-faktor yang menyebabkan guru mata pe1ajaran Tauhid yang mempunyai latar belakang pendidikan non-keguruan mampu melaksanakan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik dengan baik. Hasil pe:nelitian ini diharapkan akan dapat dipergunaka11 untuk peningkatan dan pengernbangan kompetensi guru di Madrasah Diniyah Nuru] Ummall (MDNU) Putri, khususnya bagi guru mata pelajaran Tauhid yang berlatar belakang pendidikan non-kegmuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil Iatar di Madrasah Diniyah Nurnl Ummah (MDNU) Putri Kotagede Yogyakarta. Pengwnpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalami, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut ditarik kesimpulan.Pemerikasaan keabsal1an data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: ( l) Proses belajar mengajar mata pelajaran Tauhid dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan, metode diskusi, metode penunpamaan, serta metode suri teladan. Sedangkan media pembelajaran ynag digunakan yaitu white board, spidol, penghapus, serta pemutaran film. (2) Kompetensi guru mata pelajarnn Tauhid melputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, serta kompetensi sosial. (3) Faktor yang menyebabkan gum mata pelajaran Tauhid yang mempunyai latar belakang pendidikan non-keguruan, mampu rnelaksanakan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik dengan baik yaitu adanya pengalaman mengajar selama lima tahun di MDNU Putri, serta belajar secara otodidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. A.Miftah Baidlowi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, tauhid, Madrasah Diniah Nurul Ummah
Subjects: Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:16
Last Modified: 18 Sep 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum