PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENT ASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MAM YOGYAKARTA

Mar'atul Allamah, NIM.: 00470272 (2005) PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENT ASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENT ASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MAM YOGYAKARTA)
00470272_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA REV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENT ASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MAM YOGYAKARTA)
00470272_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep profesionalisme kepala sekolah dalam MBS; (2) mengetalmi konsep profesionalisme kepala sekolah MAM Y ogyakarta dalam implementasi MBS; dan (3) mengetahui strategi peningkatan profesionalisme Kepala Sekolah MAM Yogyakarta dalam implementasi MBS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah dalam implementasi MBS di sekolahnya. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah MAM Yogyakarta, kepala Tata Usal1a MAM Yogyakarta dan guru MAM Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis dengan menggunakan pola pikir ilmial1 yaitu gabungan antara pola pikir deduktif dan pola pikir induktif Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) profesionalisme kepala sekolal1 adalal1 suatu pandangan bal1wa keal11ian yang dimiliki oleh kepala sekolal1 tidak didapatka.11 melalui suatu pembiasaan, akan tetapi memerlukan dukungan ilmu (teori) yang didapatkan melalui pendidikan dan latihan yang lama, berupa pendidikan dasar untuk taraf sarjana ditambal1 dengan pendidikan professional; (2) Profesionalisme kepala madrasah MAM Yogyakarta dalam implementasi MBS adalah keahlian yang dimiliki oleh kepala madrasah untuk bekerja tidak hanya berdasarkan pengalaman-pengalaman akan tetapi didasari oleh suatu ilmu (teori) yang didapatkan melalui pendidikan dan latihan yang lama. Profesionalisme kepala rnadrasal1 dapat diketahui dari peran kepala madrasal1 sebagai designer, motivator, fasilitator, dan liaison; dan (3) Strategi peningkatan profesionalisme kepala sekolah MAM Y Of,')'akarta dalam implernentasi MBS di lakukan dari diri kepala sekolal1 dan dari luar diri kepala sekolal1. Peningkatan profesionalisme kepala sekolal1 dari dalam diri kepala sekolal1 dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh kepala sekolah sehingga terjadi peningkatan ketrampilan yang dimilikinya, sedangkan peningkatan profesionalisme kepala sekolah dari luar diri kepala sekolal1 dilakukan oleh dewan/komite sekolah/madrasah dan para pengawas sekolah melalui pembinaan profesional kepala sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Manajemen, Kepala Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:12
Last Modified: 18 Sep 2023 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum