PENILAIAN BERBASIS KELAS DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP EVALUASI QUR' AN HADIST DAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA

Anhari, NIM.: 00470306 (2005) PENILAIAN BERBASIS KELAS DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP EVALUASI QUR' AN HADIST DAN TARIKH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENILAIAN BERBASIS KELAS DAN I:MPLEMENTASINY A TERHADAP EVALllASI QUR' AN HADIST DAN TARIKH DI SMP MlJHAMMADIY AH 3 DEPOK YOGY AKART A)
00470306_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENILAIAN BERBASIS KELAS DAN I:MPLEMENTASINY A TERHADAP EVALllASI QUR' AN HADIST DAN TARIKH DI SMP MlJHAMMADIY AH 3 DEPOK YOGY AKART A)
00470306_FBAB II_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penyempurnaan kurikulum merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan. Indikator keberhasilan pembaharuan kurikulum ditunjukan dengan adanya perubahan pada pola kegiatan belajar-mengajar, memilih media pendidikan, dan menentukan pola penilaian yang rnenentukan hasil pendidikan. Pembahaman kuriku1um akan 1ebih berrnakna bila diikuti oieh perubahan praktik-praktik pembelajaran di kelas (KBM), yang dengan sendirinya akan rnengubah praktik-praktik penilaian. Selama ini praktik penilaian di kelas kurang menggunakan cam dan alat yang lebih bervariasi, penilaian lebih diarahkan pada penguasaan bahan yang diujikan dalarn bentuk tes obyektif. 8 Padahal kalau kita cerrnati peni1aian merupakan salah satu kornponen dalam proses pembelajaran, dan dengan penilaian tersebut kita akan mengetahui apakah proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik ataukah belum. Untuk menghimpun keseluruhan data yang diperlukan, peneliti mempergunakan empat macam alat atau metode pengumpul data, yaitu: dokumentasi, observasi, wawancara/interview dan angket. Hasil penelitian enilaia.11 Berbasis Kelas (PBK) merupakan salah satu komponen dalam Kurikuh:im Berbasis Kompetensi (KBK). Peni!aian berbasis ke1as sendfri terdiri dari beberapa bentuk: dan alat peniJaian, antara lain a. Bemuk-bentuk peniiaia.n dalam Penilaian Beibasis Kelas (PBK) 1) Kuis 2) Pertanyaan lisan di keias 3) Ulangan harian 4) Tugas individu 5) Tugas kelompok 6) Ulangan semester 7) Ulangan kenaikan 8) Laporan Kerja 9) Ujian Praktik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penilaian Berbasis Kelas, Kompetensi, Kurikulum
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 11:32
Last Modified: 22 Sep 2023 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum