Caswita, NIM.: 00470401 (2004) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. ABDUL HALIM (SINTESIS FUNGSI TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. ABDUL HALIM (SINTESIS FUNGSI TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM))
00470401_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H. ABDUL HALIM (SINTESIS FUNGSI TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM))
00470401_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Islam, juga harus bisa menghasilkan terbentuknya kepribadian mnat berdasarkan nilai-nilai dan ukuran Islam, tetapi pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan-tujuan yang bersifat operasional, sehingga dapat dirumuskan tahap-tal1ap proses pendidikan Islam mencapai tltjuantujuan lebih jauh. Di Indonesia pemikiran pendidikan Islam telah ada sejak zaman sebelum merdeka hingga sekarang. Hal ini dapat dilihat dari fenomena tumbuh kembangnya prograni dan praktek pendidikan Islam yang dilaksanakan di nusantara, baik yang bempa pondok pesantren, madrasal1, sekolah, tempat-tempat ibadah dan lain sebagainya. Hal tersebut menunjukan adanya pemikiran tentang pengembangan pendidikan Islam. 19 Berangkat dari semua itu para pemikir dari tokoh pendidikan Islam telah bemsaha memikirkan berbagai persoalan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam dapat dicapai secara utuh. Diantara tokoh pendidikan Islam Indonesia yang juga seorang ulama yang telah berusaha memikirkan pendidikan Islam dan menerapkannya, adalah K.H. Abdul Halim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian pustaka dilakukan dengan cara menuliskan, mengklarifiksi,rnereduksi dan rnenyajikan data yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Berdasarkan seluruh ura1an, atas penelitian terhadap pemikiran pendidikan Islam K.H Abdul Halim, dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya: Pendidikan Islam saat sekarang masih berorientasi hanya pada aspek eologis yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa serta ta'at menjalankan ajaran Islam. Terlihat dari tujuan pendidikan Islam secara umum yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepda Allah, berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, masyarakat dan negara. Sementara itu aspek Iairmya yang tidak kalah penting yaitu aspek sosiologis belum dapat dicapai oleh pendidikan Islam. Aspek ini berkaitan dengan bagaimana lulusan pendidikan Islam dapat menghadapi perkembangan zaman dan dapat berperan didalamnya. Lulusan pendidikan Islam hams dapat bersaing dengan yang lainnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan hams bisa memasuki bidang pekerjaan tersebut. Semua itu merupakan suatu keharusan agar pendidikan Islam dapat terns eksis ditengah perubahan dan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Muhammad Anis, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran KH Abdul Halim, Pendidikan Islam, Konsep Self Help |
Subjects: | Islam dan Pemikiran Kependidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:58 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:58 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60390 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |