MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MTSN MODEL PADARINCANG BANTEN)

Achmad Badruddin, NIM.: 00470432 (2006) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MTSN MODEL PADARINCANG BANTEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MTSN MODEL PADARINCANG BANTEN))
00470432_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MTSN MODEL PADARINCANG BANTEN))
00470432_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang konsep dan strategi manajemen peningkatan mutu pendidikan yang dikembangkan di MTsN Model Padarincang Banten. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengevaluasi manajemen peningkatan mutu pendidikan yang dikembangkan di sekolah-sekolah pada umumnya, khususnya MTsN Model Padarincang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Model Padarincang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analis;,s data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen peningkatan mutu yang diterapkan di MTsN Model Padarincang (School Based Management), merupakan bentuk konsep baru dalam manajemen pendidikan. Untuk menerapkan konsep tersebut dibutuhkan perubahan yang mendasar dari berbagai unsur pendidikan, seperti Sumber Daya Manusia (SDM), kurikulum, sarana prasarana, keuangan, partisipasi masyarakat dan lain sebagainya. 2) Untuk melaksanakan konsep tersebut, langkah-langkah yang di tempuh MTsN Model Padarincang adalah mensosialisasikan dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada SDMnya agar mengerti betul konsep School Based Management, memberikan kesempatak kepada para guru dan staf untuk menambah ilmu dan pengalamannya melalui studi lanjut kejenjang yang lebih tinggi, melengkapi sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan konsep baik fisik maupun nonfisik, <lan mcnginovasi kurikulumnya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 3) Selain langkah-langkah untuk melaksanakan konsep tersebut diatas, MTsN Model Padarincang menyusun strategi dengan cara menyusun visi, misi dan target mutu MTsN Model Padarincang, menganalisis terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, melaksanakan konsep School based Management secara bertahap, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program-program yang direncanakan untuk mengetahui tercapai tidaknya rencana yang disusun, dan hambatan-hambatan yang dihadapi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan konsep School Based Management adalah: 1) Kesadaran guru, staf maupun siswa untuk melaksanakan konsep School Based Management belum sepenuhnya. 2) Dukungan, partisipasi dan ke

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Peningkatan Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:58
Last Modified: 25 Sep 2023 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum