PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA

Nur Lela Sari, NlM.: 00470504 (2004) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA)
00470504_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN BAGI SISWA SDIT BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA)
00470504_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Islam telah memberikan pedoman-pedoman pendidikan utama pada setiap JIWa anggota masyarakat, baik terhadap anak-anak maupun terhadap orang dewasa, laki-laki maupun perempuan, orang tua maupun pemuda dengan dasar-dasar kcfwaan yang muha dan mantap dcngan mcnggunakan pcdoman-pcdoman pendidikan yang abadi. Pendidikan Islam mewajibkan kepada setiap gurunya untuk senantiasa mengingatkan bahwa kita tidaklah sekedar membutuhkan ilmu, tetapi kita senantiasa mcmbutuhkan akhlak yang baik. Para pendidik harus scnantiasa ingat bahwa pembentu:kan akhlak yang baik di kalangan pelajar dapat dilakukan dengan latihan-latihan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif( Qualitative Research ), yakni jenis penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau cara Iain dari kuantifikasi ( pengukuran ). Jadi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang peranan pengasuh Yayasan Bina Anak Sholeh dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi siswa SDIT BIAS Yogyakarta. Peneliti akan mengkaji dengan seksama penanaman nilai-nilai keagamaan di SDIT Bina Anak Sholeh yang akan dilakukan dengan wawancara, obsen asi dan dokumentasi. Hasil penelitian 1. Upaya yang ditempuh oleh SDTT BIAS Giwangan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan mempergunakan pendekatan belajar, yaitu, learning by doing, habit forming, human approach ,dan small group. Dalam proses penanman nilai-nilai keagamaan, mempergunakan beragam bentuk kegiatan, yaitu : tahfidul Qur' an, sholat dhuhur berjamaah, makan bersama, study lapangan, olah raga dan pramuka. 2. Bentuk pelaksanaan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi siswa SDIT BIAS Giwangan adalah: Proses pelaksanaan dalam penanaman nilai keagamaan mempergunak:::.n sistem fit!i day school , dimana anak didik dikelompokan dalam kelas sesuai dengan jenjang pendidikanya. Dalam proses pelaksanaan, SDIT BIAS Giwangan melakukan transfonnqsi nilai - nilai Islam sebagai substansi dan implikasi dari segala aspek kehidupan, maka dalam proses penyampain materi pengajaran para ustadz / ustadzah melakukan beberapa kcgiatan pengajaran, yaitu ( a ), perencanaan, ( b ), metode pembelajaran, ( e ), evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Arif M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Nilai Keagamaan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:09
Last Modified: 19 Sep 2023 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum