KORELASI ANTARA SIKAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN SEMANGAT KERJA GURU (STUDI KASUS DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN, YOGYAKARTA)

Ahyan Haerani, NIM.: 00470514 (2005) KORELASI ANTARA SIKAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN SEMANGAT KERJA GURU (STUDI KASUS DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA S1KAP KEPEMIMPINAN KF,PALA SEKOLAH DENGAN SEMANGAT KERJA GURU (STUDI KASUS DI SMP PIRI NGAGLIL4 SLEMAN, YOGYAKARTA))
00470514_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
00470514_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetalrni sikap kepemimpinan kepala sekolal1 di SMP PIR1 Ngaglik, untuk mengetalrni semangat kerja guru di SMP PIR[ Ngaglik,, dan mengungkap ada tidaknya korelasi antara sikap kepemimpinan kepala sekolah dengan semangat kerja gum di SMP PIRI Ngaglik, sleman, Y ogyakarta. Penelitian ini mempakan penelitian populasi karena jumlah subjek penelitian kurang dari 100. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMP PIRl Ngaglik tennasuk di dalamnya adalal1 kepala sekolal1 dengan junlah keseluruhan yaitu 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sikap kepemimpinan kepala sekolah SMP PIRl Ngaglik secara umum dinilai baik. 2) Diketahui bahwa r J.T pada taraf signifikansi 5 % lebih besar dari pada r tabel yakni 0,664 > 0,444. Maka pada taraf signifikansi 5 % hipotesa altematif diterima karena teruji kebenarannya, dan hipotesa nol ditolak. Kemudian pada taraf signifikansi 1 % r xr adalal1 lebih besar dari pada r tabel, yakni 0,664 > 0,561, maka pada taraf signifikansi 1 % hippotesa altematif dite1ima. Ini mengungkapkan bal1wa pada taraf signifikansi I % itu terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 3) Terdapat hubungan yang positif antara sikap kepemimpinan kepala sekolal1 dengan semangat kerja guru, hal ini berindikasi bahwa semakin tepat sikap kepemimpinan kepala sekolal1 dalam mengimplementasikan kebijakan, maka semakin tinggi pula semangat kerja yang dilakukan guru di SMP PIRI Ngaglik. 4) Semangat kerja guru di SMP PIRI Ngaglik dinilai baik, ini disebabkan karena kepala sekolah dapat menampilkan sikap terbaiknya kepada guru-guru. 5) Semangat kerja guru temyata dapat terwujud manakala faktor insentif diberikan, hak guru diperhatikan, kebutuhan rohani guru diperhatikan, suasana tempat kerja menyenangkan, guru mendapat posisi yangg tepat sesuai dengan keahliannya, fasilitas mendukung, para guru diberikan kesempatan untuk maju dan terdapatnya komunikasi yang baik antara guru dengan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Kinerja Guru
Subjects: Gaya Kepemimpinan
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:09
Last Modified: 27 Sep 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum