PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI NGUNUT PONOROGO

Exi Kori' Dian Tiama, NIM.: 04471200 (2004) PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI NGUNUT PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPANSTRATEGIINFORMATIONSEARCHDALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI NGUNUT PONOROGO)
00471200_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPANSTRATEGIINFORMATIONSEARCHDALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI NGUNUT PONOROGO)
00471200_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu sistem, suatu keseluruhan yang terdiri dari beberapa komponen-komponen yang berinteraksi antara satu dengan yang lainya, serta dengan keterkaitan antara satu dengan yang lain dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya. Adapun salah satu komponen pembelajaran adalah strategi pembelajaran,oleh sebab itu strategi sangat penting dalam proses pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa tentang penerapan startegi Information Search, faktor pendukung dan penghambat penerapan startegi Information Saerch dalam pembelajaran fiqh serta kontribusi yang diberikan strategi Information Search dalam pengembangan pembelajaran fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dan mengambil latar MTs Negeri Ngunut Ponorogo, yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana penerapan strategi Information Search dalam pengembangan pembelajaran fiqh, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi Information Saerch serta kontribusi yang diberikan strategi Information Search dalam pengembangan pembelajaran fiqh. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Metode Observasi, wawancara, dokumentasi dan Questionare (angket). Dalam menganalisa data, penulis mengunakan metode kualitatif yaitu data yang diperoleh dilapangan yang dikumpulkan dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi dianalis dengan mengunakan dua cara berfikir yaitu induktif dan deduktif. Sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan mengunakan rumus P = F x 100% N Dengan keterangan : F = Frekuensi yang sedang dicari persentasenya. N = Number of cases (jumlah frekuensi atau banyaknya individu) P = Angka persentase. Hasil penelitian menunjukkan:1. Penerapan strategi Information Search dalam pengembangan pembelajaran fiqh meliputi :a) Pendahuluan: ada salam, absensi, apersepsi, pretest. b) Inti: Siswa membaca lembar kerja siswa (LKS), dilanjutkan dengan siswa dibagi dalam delapan kelompok, Guru membagikan selebaran yang berisi materi yaitu salat jama' dan Qasar dan juga 3 pertanyaan.setelah itu siswa mengerjakanya diperpustakaan sekolah karena diperpustakaan banyak buku paket yang bisa membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Setelah selesai jawaban dikumpulkan dan setelah itu siswa kembali ke kelas, guru meninjau jawaban siswa dan mengembangkan jawaban dari soal yang diberikan. c) Penutup: post test, hamdalah dan salam. 2.Faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi Information Search dalam pengembangan pembelajaran fiqh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Straregi Pembelajaran, Pembelajaran Fiqh, Strategi Information Search
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:07
Last Modified: 19 Sep 2023 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum