PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN MEMBINA AKHLAK SISWA MAN SABDODA DI BANTUL

Joni Resandi, NIM.: 01410559 (2005) PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN MEMBINA AKHLAK SISWA MAN SABDODA DI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELA.JAR DAN MEMBINA AKHLAK SISW A MANSABDODADIBANTUL)
01410559_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELA.JAR DAN MEMBINA AKHLAK SISW A MANSABDODADIBANTUL)
01410559_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar dan membina akhlak siswa MAN Sabdodadi Bantul dan bagaimana proses evaluasi dan hasil yang dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar BK MAN Sabdodadi Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokurnentasi dan angket sebagai tanggapan siswa. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Perneriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan rnetode ganda. Hasil penelitian rnenunjukkan: Pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam rneningkatkan prestasi belajar dan rnembina akhlak siswa MAN Sabdodadi Bantul terdiri dari beberapa kegiatan, yakni: Persiapan, pengumpulan data, pernberian informasi dan orientasi, Penempatan dan penyaluran, bimbingan dan konseling, pertemuan staf BK, latihan/penataran petugas BK, hubungan masyarakat, konsultasi dengan orang tua, penilaian dan tindak lanjut. Proses evaluasi dan hasil rnenunjukkan: Ada empat ukuran dalam evaluasi proses, yaitu rencana program, proses pelaksanaan, hasil jangka pendek, hasil jangka panjang. Evaluasi proses yang sangat dititik beratkan adalah Penilaian proses pelaksanaan, yang mana dilakukan yaitu aspek-aspek partisivasi siswa, aktivitas siswa ketika dalam kegiatan layanan, ungkapan pemahaman siswa atas pemahaman bahan yang disajikan, dan pemahaman atas masalah yang dihadapi. Aspek-aspek partisivasi siswa begitu aktif dan aktivitas siswa pun ketika dalam kegiatan layanan begitu ramah, dan rata-rata semua siswa yang dibimbing dan dikonseling paham atas bahan atau nasehat yang diberikan, serta mereka cukup memahami masalah yang dihadapi setelah mendapat penjelasan dari guru BK, lebih jelasnya lagi adanya gejala-gejala bahwa mereka cukup aktif dalam kegiatan bimbingan dan konseling, seperti siswa begitu ramah mengeluarkan permasalahan-permasalahan yang ia hadapi bahkan dalam kegiatan konseling pun mereka tanpa ragu dan tanpa malu bertanya tentang arahan yang diberikan. Hasil yang dicapai yaitu setiap siswa yang diberi bimbingan dan konseling karena rnelanggar tata tertib sekolah mereka selalu memahami kesalahan mereka, walaupun dalam setiap hari itu mesti ada siswa yang melanggar tata tertib sekolah. bagi siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah ternyata diiringi pula dengan prestasi yang rendah pula. Siswa yang tidak pernah melanggar, prestasi belajar mereka lebih sukses atau lebih baik daripada siswa yang sering melanggar, oleh karena itu ketika mengadakan konseling bagi siswa yang melanggar, maka diiringi juga dengan penjelasan dan bimbingan tentang prestasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Pembinaan Akhlak, Prestasi Siswa
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:06
Last Modified: 19 Sep 2023 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum