PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKAIT NYAI AHMAD DAHLAN REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE)

Muhamad, NIM.: 01410564-00 (2004) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKAIT NYAI AHMAD DAHLAN REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKAIT NYAI AHMAD DAHLAN REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE))
01410564-00_BAB I_BAB IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKAIT NYAI AHMAD DAHLAN REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE))
01410564-00_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan anak usia 4 - 6 tahun atau dapat disebut Taman Kanak­Kanak (TK) merupakan bentuk program pendidikan prasekolah yang berbeda dengan proses kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD). Proses belajar mengajar anak usia TK mengacu pada prinsip dasar, "Belajar sambil bermain dan bennain sambil belajar". Sistem pembelajaran yang diperlukan adalah pembelajaran yang atraktif. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang rnerupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk rnengetahui tentang pelaksanaan pendidikan agarna Islam di TKA IT Nyai Ahmad Dahlan Kotagede Y ogyakarta studi tentang materi dan rnetode, maka pene1itian ini diperlukan metodologi penelitian yang tepat, Hasil penelitian, elaksanakan pendidikan agama Islam di TKAIT Nyai Ahmad Dahlan Rejowinangun Kotagede Yogyakarta ini pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Komponen-komponen yang dikembangkan dalam pelaksanaan PAI di TK ini, meliputi: a. Tujuan b. Kurikulum c. Materi d. Metode e. evaluasi 2. Dalarn kegiatan belajar rnenga3ar rnateri yang digunakan dalarn pelaksanaan PAI adalah Al-Qur'an seperti hafalan surat-surat pendek, hadits seperti hadits menutup aurat, Aqidah seperti rnengenal ciptaan Allah seperti alarn sernesta, Ibadah seperti rukun Islam dan Akhlak seperti khlak terhadap Allam, akhlak terhadap sesama. Sedangkan metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan PAI di TK ini adalah metode cerita, bercakap-cakap, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas, dramatisasi, menyanyi, bermain, 13ercobaan, pengenalan lingkungan, karyawisata, suri teladan dan hafalan. Dengan materi dan metode di atas, pelaksanaan PAI dapat berjalan dengan lancar. 3. Perbedaan latar belakang dan kemampuan siswa yang tidak sama yang dimiliki siswa, membuat mereka beragam pula kecepatan mereka dalam mernaharni pelajaran. 4. Keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan agarna Islam di TKA IT Nyai Ahmad Dahlan Y ogyakarta yaitu anak dapat bergaul dengan baik, dalarn arti tidak rnembeda-bedakan teman, semua teman sama. Anak bisa iqra, hafalan surat-surat pendek, hadits, do'a sehari-hari, shalat dan wudhu serta niatnya dan anak juga mengenal tentang cara melakukan haji dengan adanya manasikh haj i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Susilaningsih, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Metode Pelaksanaan PAI, Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:06
Last Modified: 19 Sep 2023 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum