PEMBELAJARAN MA TERI TARIKH BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA

Sri Sutiati Winarsih, NIM.: 01410577 (2005) PEMBELAJARAN MA TERI TARIKH BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MA TERI T ARIKH BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA)
01410577_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MA TERI T ARIKH BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK YOGYAKARTA)
01410577_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sebagai proses belajar mengajar mempunyai berbagai faktor yang saling mempengaruhi dan berimplikasi terhadap keberhasilan pendidikan itu sendiri. Salah satu faktor penting agar kegiatan pembelajaran dapat membuahkan hasil sesuai dengan tujuan pendidikan adalah pemilihan dru1 penggunaan model pembelajaran. Model pembelajru·an dapat diartikan sebagai pola atau rencana dalam penyusunan kurikulum. pengaturan materi pelajaran, dan acuan bagi pendidik dalam menentukan seting pengajaran maupun strategi yang akan digunakan. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang pengumpulan datanya dari lapangan. Adapun yang dimaksudkan oleh penulis adalah lapangan sekolah yakni SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Hasil penelitian enerapan KBK yang diterapkan di SMP M11hammadiyah 3 Depok Sleman selama 4 tahun baik sejak menjadi mini poling sampai saat ini, belum dapat dikatakan berjalan secara maksimal. Baik itu dart~ persiapan sekolah sendiri (bangunan sekolah yang masih kurang), para guru yang belum menyadari arti pentingnya rencana pembelajaran (RP) sehingga Jarang menerapkannya dalam pembelajaran, serta sarana prasarana yang belum memadai. Dari segi pengetahuan dan kemampuan guru tarikh dalam memotivasi peserta didik dalam belajar dapat dikatakan sudah mahir. Hal ini dikarenakan guru tersebut telah sering mengikuti talk show tentang KBK dan beliau menerapkannya dalam pembelajaran materi tarikh. Sehingga antara materi yang diajarkan dengan metode dan media yang akan digunakan telah sesuai, sehingga minat peserta didik dalam belajar sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Materi Tarikh, Kurikulum, Kompetensi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:06
Last Modified: 19 Sep 2023 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum