PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MENTAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB YPAB WIYATA DHARMA ll DI DESA MOROREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

Pathammubina, NIM.: 01410586 (2006) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MENTAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB YPAB WIYATA DHARMA ll DI DESA MOROREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PENDIDIKAN AGAI\'IA ISLAI\'1 DALAM PEMBINAAN MENTAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB YPAB WIYATA DHARMA ll DI DESA MOROREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMA.N)
01410586_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PENDIDIKAN AGAI\'IA ISLAI\'1 DALAM PEMBINAAN MENTAL ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB YPAB WIYATA DHARMA ll DI DESA MOROREJO KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMA.N)
01410586_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah kehidupan dan mutlak diberikan kepada siapa saja yang ingin mendapatkannya, sehingga pendidikan di sini tidak memandang golongan ataupun st?tus tertentu, karena bagaimanapun pendidikan penting bagi setiap orang. Di dalam dunia pendidikan terdapat juga sekolah luar biasa dan sekolah tersebut diperuntukkan bagi anak yang mempunyai kelainan fisik ataupun mempunyai keterlambatan mental dalam hal belajar. Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam upaya Pembinaan Mental beragama kepada anak--anak SDLB YP AB Wiyata Dhanna II di Desa Mororejo Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman merupakan mata pelajaran wajib dan harus diikuti. Dalam hal ini ingin dikaji mengenai: l ). Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita. 2) Bagaimana peranan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi masalah mental beragama anak tunagralrita. 3) Sejauhmana hasil yang dicapai pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah anak tunagrahita. Di dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan menganalisa data menggunakan kata-kata atau kalimat, selanjutnya ditarik suatu kesimpulan terhadap -data yang telah diperoleh tersebut. Adapun metode pengumpulan data di sini meliputi : l ). Metode Observasi. 2). Metode interview. 3 ). Metode dokumentasi Subyek dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam yang diajarkan pada siswa-siswi SDLB kelas I, 2 dan 3 oleh guru bidang studi agama Islam YP AB Wiyata Dhanna II Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman Yogyakarta.Hasil penelitian 1. l5elaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak tunagrahita di SDLB YPAB Wiyata Dharma II Tempel Sleman, mencakup: Kurikulum yang digunakan sama dengan 1..'1.Lrikulum sekolah biasa namun pada pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan siswa tunagrahita ; metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan latihan atau drill, ; kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak tunagrahita dan upaya mengatasinya ; dan faktor­faktor penunjang dalam pelaksanaan PAI dan 2. Peranan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan mental anak di SDLB tunagrahita, sebagai penunjang perilaku beragama anak di SDLB tunagrahita sesuai dengan ajaran agama Islam. Indikatomya, setiap anak dapat menerapkan ajaran agama Islam sesuai kemampuan dan kesadarannya sendiri. Meskipun siswa tersebut melaksanakan ajaran agama Islam dengan earn sederhana, hal ini sangat penting untuk pembentukan mental beragamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah, AS. M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Anak Tunagrahita
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:05
Last Modified: 02 Oct 2023 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum