EKSPERIMENTASI METODE TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VU SEMESTER 2 SMP NEGERI 4 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2005/2006

Sri Nursanti, NIM.: 01410666 (2006) EKSPERIMENTASI METODE TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VU SEMESTER 2 SMP NEGERI 4 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VU SEMESTER 2 SMP NEGERI 4 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2005/2006)
01410666_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE TEKS ACAK PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VU SEMESTER 2 SMP NEGERI 4 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2005/2006)
01410666_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang monoton karena kurangnya variasi metode mengajar sehingga menyebabkan kejenuhan dan kebosanan siswa dalam mengikuti pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses eksperimen dengan menggunakan metode teks acak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan eksperimen dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling kluster, kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII.a. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bebas, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif analitik Hasil penelitian menunjukkan 1) Metode teks acak yang dieksperimenkan di SMP Negeri 4 Sentolo dilaksanakan dengan ca_ra pemberian tugas dan kegiatan belajamya dilakukan dengan permainan. Materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan meliputi Al Qur'an, Fiqh dan Akhlaq.2) Faktor pendukung meliputi suasana kelas yang kondusif , Kepala sekolah dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang kooperatif, domisili siswa tidak jauh dari lokasi sekolah dan linglmngan sekolah yang kondusif Fa.Joor penghambat meliputi Alokasi waktu kuran_g, sebagian siswa belum mahir baca tulis al Quran, Pembentukan kelompok menyita banyak waktu dan beberapa siswa jatuh sakit 3) Ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah dilakukan eksperimen dengan menggunakan metode teks acak, nilai rata-rata meningkat dari 5,06 menjadi 6,49. Dengan mean sebesar 6,49 maka siswa yang mempunyai kriteria nilai cukup, naik dari 5 siswa menjadi 22 siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof Drs.H.Anas Sudijono
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Teks Acak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:58
Last Modified: 25 Sep 2023 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum