Solidaritas Sosial Ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan di Masa Pandemi Covid 19.

Rika Rizky Ramadhani, NIM: 17105040044 (2023) Solidaritas Sosial Ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Solidaritas Sosial Ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan di Masa Pandemi Covid 19.)
17105040044__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Solidaritas Sosial Ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan di Masa Pandemi Covid 19.)
17105040044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi virus corona (Covid-19) sebagai peristiwa dan kejadian secara Global memaksa dan membuat berbagai perubahan pada setiap aspek dalam kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu perubahan di bidang sosial, agama, dan ekonomi yang mengalami penurunan yaitu berkurangnya intensitas bertemu (social distancing), tertundanya berbagai acara keagamaan ataupun acara umum seperti pernikahan, pengajian, TPA, Shalat Idul Fitri dan Adha, shalat lima waktu di masjid ataupun mushola, betambahnya angka pengangguran, dan berkurannya pemasukan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan meneliti dan mengamati tentang Solidaritas Sosial Ekonomi dan Keagamaan Masyarakat Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan di Masa Pandemi Covid 19. Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan Teori solidaritas Emile Durkheim. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa masyarakat Desa Arjowinangun memiliki kesadaran kolektif yang mana saling memiliki tujuan yang sama yaitu mengatasi dan mengurangi adanya dampak pandemi Covid19 yang melanda dengan gotong-royong memberikan bantuan dari pemerintah Pacitan maupun pihak desa. Bantuan tersebut berupa dukungan secara moril maupun materiil. Dan hasil diatas menunjukan bahwa Desa Arjowinangun bersolidaritas mekanik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag M.Pd. M.A
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Virus Covid19, Global, Perubahan, Solidaritas, Sosial, Agama, Ekonomi, Kesadaran Kolektif, Mekanik, Organik.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Sep 2023 11:33
Last Modified: 21 Sep 2023 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum