SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 7 YOGYAKARTA

Muhamad Subhan Habibi, NIM.: 01410785 (2007) SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 7 YOGYAKARTA)
01410785_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 7 YOGYAKARTA)
01410785_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru PAI SMA N 7 Y ogyakarta tentang penilaian portofolio dan untuk mengetahui persiapan dan aplikasinya dalam menerapkan penilaian portofolio. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan penerapan penilaian tersebut. Penelitian ini rnerupakan penelitian kualitatif, dengan rnengarnbil latar SMA Negeri 7 Y ogyakarta. Pengurnpulan data dilakukan dengan rnengadakan pengamatan, wawancara rnendalarn dan dokurnentasi. Analisis data dilakukan dengan rnernberikan arti, rnakna terhadap data yang telah dikurnpulkan dan dari rnakna itulah ditarik kesirnpulan. Untuk rnenguji keabsahan data dalarn skripsi ini rnenggunakan teknik triangulasi yakni dengan mernbandingkan dan rnengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh rnelalui surnber yang berbeda. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa guru PAI SMA N 7 Y ogyakarta telah rnerniliki pernaharnan yang baik tentang penilaian portofolio. Portofolio rnerupakan kurnpulan evidence atau hasil karya terpilih siswa yang dilakukan secara berkesinarnbungan selarna waktu tertentu dan disimpan dengan rapi dan rnudah diakses oleh yang berkepentingan guna melakukan refleksi dan koreksi agar terjadi perkernbangan belajar siswa. Oleh karena itu, penilaian portofolio rnenuntut peran aktif berbagai pihak yaitu guru, siswa, orang tua, sekolah dan juga peran pernerintah. Sebelurn rnelaksanakan penilaian, yang perlu dipersiapkan oleh guru a<lalah menentukan tujuan penggunaan penilaian portofolio. Sctclah itu, rnembuat perangkat pernbelajaran sebagai acuan dalarn rnenentukan isi portofolio agar dapat sesuai dengan standar kornpetensi dan kompetensi dasar. Isi portofolio hams yang terbaik dan terpilih diantara karya-karya lain dalam satu kornpetensi dasar. Guru juga perlu rnenyiapkan kriteria penilaian agar lebih transparan dan dapat rnenarnbah kepercayaan siswa terhadap guru. T em pat untuk menyirnpan isi portofolio atau evidence perlu dipersiapkan agar guru, siswa dan pihak lain yang berkepentingan dapat mengakses dengan mudah. Penilaian yang dilakukan oleh guru PAI SMA N 7 Y ogyakarta lebih cenderung pada tinjauan hasil artinya guru menilai kernarnpuan siswa berdasarkan hasil karya siswa. Proses pembuatan karya siswa kurang dapat dinilai oleh guru. Kriteria penilaian rnasih berada ditangan guru, sehingga siswa dan pihak lain yang berkepentingan tidak dapat menilai evidence siswa secara pasti. Hal itu dikarenakan adanya kendala praktis yang rnernbuat guru PAI tidak dapat melaksanakan penilaian portofolio dengan optimal. Kendala utamanya ialah waktu dan ternpat yang dirniliki oleh guru PAI sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sutrisno, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Program, Kompetensi, Pendiidkan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:57
Last Modified: 25 Sep 2023 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum