AHA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG

Zulaika Sri Hardanik, NIM.: 01410801-00 (2005) AHA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AHA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN rlOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG)
01410801-00_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AHA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN rlOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MTs NEGERI BOROBUDUR MAGELANG)
01410801-00_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang tujuan memotivasi belajar Aqidah Akhlak, usaha yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MTs Negeri Borobudur Magelang, serfa hasil usaha guru dalam meningkatkan motivasi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan usaha yang ditempuh oleh guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Borobudur Magelang. Pengumpulan data dilakukan denga11 memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan metode ganda dan sumber ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan memotivasi belajar Aqidah Akhlak adalah untuk mernberikan dorongan ya11g kuat kepada semua siswa dalam menekuni pelajaran Aqidah Akhlak baik di kelas rnaupun di luar kelas. (2) Usaha guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar dilakukan dengan rnemberikan tugas hafalan. menciptakan kondisi persaingan untuk mernperoleh nilai tainbah, menerangkan pelajaran dengan menunjukkan dalilnya secara langsung dengan membuka Al-Qur'an, dengan menumbuhkan proses belajar siswa aktif, memberikan ulanga11 harian secara mendadak agar siswa belajar terns secai·a rutin, memberikan nasehat, menunjukkan prestasi hasil ulangan. (3) Hasil dari usaha guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar menjadikan siswa memiliki semangat dalam belajar dan senantiasa termotivasi untuk selalu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan. M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Aqidah Akhlak, Kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:57
Last Modified: 25 Sep 2023 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60424

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum