PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DAN SIKAP KEAGAMAAN PENGEMUDI BECAK DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

Susanti, NIM.: 01410805 (2006) PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DAN SIKAP KEAGAMAAN PENGEMUDI BECAK DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DAN SIKAP KEAGAMAAN PENGEMUDI BECAK DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA)
01410805_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DAN SIKAP KEAGAMAAN PENGEMUDI BECAK DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA)
01410805_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengetalman agama Islam para pengernudi becak di Kelurahan Demangan, (2) rnengetahui sikap keagamaan para pengemudi becak di Kelurahan Demangan dan (3) mengungkap ada tidaknya korelasi antara pengetalman agama Islam dengan sikap keagamaan para pengemudi becak di Kelurahan Demangan. Populasi penelitian ini adalah para pengemudi becak yang ada di wilayah Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Kata Y ogyakarta. Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan meneliti pengemudi becak sebanyak 42 orang dari sekitar 150 pengemudi becak yang ada di wilayah Kelurahan Demangan. Teknik pengambilan sarnpel mengganakan teknik cluster random sampling dengan memba!,,i wilayah menjadi 12 RW dan diambil 4 RW secara acak sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi non participant dan doktunentasi. Analisi,;; data berupa analisis korelasional dengan meng.!:,11111akan nunus korelasi product moment Pearson. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis berupa qji normalitas data untuk kedua variabel yang diteliti. Dari hasil penghitungan diperoleh nilai kai kuadrat observasi untuk variabel pengetahuan agama Islam sebesar 7,947 dan untuk variabel sikap keagamaan sebesar 4,5066. Nilai kai kuadrat observasi temyata jauh lebih besar jika dibandingkan dengan nilai kai kuadrat teoritik. Untuk taraf signi:fikansi 5 % sebesar 11,070 dan untuk taraf signifikansi 1 % sebesar 15,086. Hal ini memmjukkan bahwa distribusi frekuensi observasi terbukti nonnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) tingkat pengetahuan agama Islam para pengemudi becak di Kelurahan Demangan berada dalam kategori sedang , (2) sikap keagamaan para pengemudi becak berada pada kategori sedang ,dan (3) terdapat korelasi positif yang signifikan 'antara pengetahuan agama Islam dengan sikap keagamaan yang dimiliki para pengemudi becak di Kelural1an Demangan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0, 427. Dengan df sebesar 40 diperoleh r tabel pda taraf signifikansi 5% sebesar 0,304 dan pada taraf signifikansi 1 % sebesar 0,393. Temyata r0 > ft yaitu 0,304 < 0,427 > 0,393. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan agama Islam maka semakin baik pula sikap keagamaannya. Keeratan hubungan antara pengetahuan agama Islam dengan sikap keagamaan termasuk dalam kategori sedang apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi r yaitu berada pada kisaran 0,40-0,50. Untuk aral1 korelasi dalam penelitian ini adalah korelasi positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Sikap Keagamaan, Pengemudi Becak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 15:27
Last Modified: 02 Oct 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum