UP AYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA UII YOGYAKARTA

Ardona, NIM.03410173-02 (2008) UP AYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UP AYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA UII YOGYAKARTA)
03410173-02_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UP AYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA UII YOGYAKARTA)
03410173-02_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor penghambat keaktifan belajar siswa dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA UII Y ogyakarta. Basil penelitian ini berguna sebagai masukan yang berharga untuk peningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengambil latar SMA UII Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan dua modus, yaitu menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Basil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sering digunakan guru Pendidikan Agama Islam aspek Aqidah, Akhlak, Fiqh dan Tarikh Kebudayaan Islam yaitu metode ceramah dan tanya jawab, (2) Perbedaan pada aspek al-Qur'an yaitu diawal kegiatan pembelajaran siswa dan guru bersama-sama membaca ayat-ayat al-Qur'an dengan Jahr, kemudian dilanjutkan penjelasan tajwid, arti dan kandungan ayat oleh guru Pendidikan Agama Islam, (3). Faktor penghambat keaktifan belajar siswa yaitu kondisi kesehatan guru, kurangnya persiapan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islan1, baik persiapan diri, materi maupun strategi pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimulai, dan ( 4) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu : menyampaikan tujuan pembelajaran tiap topik, memberikan tugas paper diakhir semester, menjawab soal-soal latihan, dan memberikan PR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra.Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, keaktifan belajar siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Sep 2023 13:19
Last Modified: 19 Sep 2023 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum