PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK

Dyah Wuri Sedyati, NIM. 03450449 (2007) PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK)
03450449_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I DENGAN POLA INTEGRATIVE LEARNING BERP ARADIGMA PROPHETIC INTELLIGENCE UNTUK)
03450449_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Integrative Learning Berparadigma Prophetic Intelligence bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta prestasi mereka pada materi Arthropoda akibat pengaruh Pendidikan Sains (Biologi) yang mereka pelajari. Lebih spesifiknya, untuk mengetahui bagaimana penerapan pola integrative learning berparadigma prophetic intelligence dan pengaruh serta implikasinya dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Y ogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pola pembelajaran integrative learning berparadigma prophetic intelligence. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X B MAN I Y ogyakarta dengan materi Arthropoda. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi (kegiatan guru dan siswa), pre-test dan post-test, catatan lapangan dan peneliti sendiri. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase keberhasilan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Dari hasil test terlihat bahwa keberhasilan penelitian ini tercapai pada siklus II, dengan angka keberhasilan tuntas sebesar 80,5%. Pada setiap siklus, prestasi siswa meningkat dengan rata­rat;i. 55,5% atau jika dibulatkan menjadi 56%. Sela.in itu, dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa terlihat bahwa aktivitas siswa dij}am mengikuti proses pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi. Secara eksplisit, pembelajaran Biologi d

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing : Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Integrative Learning, Paradigma Prophetic Intelligence.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Sep 2023 13:35
Last Modified: 19 Sep 2023 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum