Titin Ristiyani, NIM.: 01410945 (2004) PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I SURAKARTA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I SURAKARTA JAWATENGAH)
01410945_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (PENERAPAN DISIPLIN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I SURAKARTA JAWATENGAH)
01410945_BAB II_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terns menerus dilaksanakan baik secara konvensional maupun inovatif Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME serta berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadfan yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan Dalam penelitian ini yang menjadi subyek dan sumber data adalah semua pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar di MAN I Surakarta tempat diadakan penelitian yaitu: kepala sekolah, guru BP, para guru, siswa siswi MAN I Surakarta serta pihak lain yang terkait. Hasil penelitian Bertitik tolak dari rumusan masalah yang diajukan dalam penulisan skripsi ini dan berdasarkan pada data hasil penelitian serta analisanya, maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Tata tertib sekolah di MAN I Surakarta dibuat berdasarkan nilai - nilai ajaran Islam yang dianut oleh sekolah yang meliputi nilai keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, pergaulan, kedisiplinan, ketertiban, kebersihan, kerapian, keamanan, keindahan, dan nilai-nilai yang mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif. 2. Penerapan disiplin sekolah dalam pengendalian perilaku meny1mpang siswa di MAN I Surakarta kurang tegas. Hal ini dapat dilihat dari sikap guru yang tidak komitmen terhadap tata tertib sekolah dan mereka juga masih bersikap toleransi terhadap pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan siswa. 3. Faktor pendukung keberhasilan penerapan disiplin sekolah di MAN I Surakarta adalah adanya keteladanan dan ketegasan guru sebagai pembimbing dan pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa untuk mentaati tata tertib sekolah dengan sepenuh hati.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sangkot Sirait, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Tata Tertip, Kedisplinan, Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 13:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 13:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60437 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |