PROBLEMA TIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU FASIH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Hylma Shofiyah, NIM.: 01420652 (2005) PROBLEMA TIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU FASIH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMA TIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DEN GAN BUKU FASIH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
01420652_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMA TIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DEN GAN BUKU FASIH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
01420652_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Problematika Pengajaran Bahasa Arab dengan Buku Fasih di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Skripsi. Y ogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan problem apa saja yang terjadi dalam pengajaran bahasa Arab menggunakan buku Fasih di SD Muhammadiyah Condongcatur Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian k7.Ialitatif atau studi kasus. Dalam skripsi ini penulis mencantumkan rumus statistik hanya untuk menghitung hasil tes belajar bahasa Arab siswa, bukan untuk menganalisis data seperti pada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Muhammadiyah Condongcatur. Tahun ajaran 2004/2005, sebanyak 40 siswa. Penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan bahasa Arab buku Fasih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode: observasi partisipatif, in-depth interview, dokumentasi, metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tujuan pengajaran Fasih sudah dapat tercapai dengan baik, 2) Buku Fasih bersifat praktis dan cocok diajarkan di lembaga manapun serta untuk semua kalangan usia. 3) Hasil tes belajar bahasa Arab siswa kelas VA adalah baik sekali. 4) Buku Fasih bukan buku pegangan wajib. Problematika yang dihadapi dalarn pengajaran bahasa Arab dengan buku Fasih tersebut ialah: 1) Guru belum rnengikuti penataran Fasih, 2) Siswa hanya rnenggunakan bahasa Arab ketika ber-muhadatsah di kelas saja, 3) Siswa masih sulit dikondisikan, 4) Dalarn buku Fasih tidak tersedia latihan soal setelah satu pernbahasan materi pelajaran, 5) Siswa yang belum bisa baca Al-Qur'an masih merasa kesulitan mempelajari buku Fasih, 6) Buku Fasih bukan buku pegangan wajib, 7) Tidak ada alat peraga, kaset dan karnus Fasih, 8) Adanya keterbatasan waktu yang hanya 40 menit seminggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Muallif Syahlani M Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Bahasa Arab, Buku Fasih
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 13:46
Last Modified: 02 Oct 2023 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum