METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA 'AH PADA SISWI KELAS II MADRASAH TSANA WIY AH MU' ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Qurota A'yun, NIM.: 01420671 (2006) METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA 'AH PADA SISWI KELAS II MADRASAH TSANA WIY AH MU' ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA 'AH P ADA SISWI KELAS II MADRASAH TSANA WIY AH MU' ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
01420671_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA 'AH P ADA SISWI KELAS II MADRASAH TSANA WIY AH MU' ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
01420671_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasii belajar materi qira 'ah kelompok eksperimen (kelompok siswi yang menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran qira 'ah) dengan kelompok kontrol (kelompok siswi yang tanpa menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran qira 'ah) pada siswi kelas II Madrasah Tsanawiyah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas II MTs Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 181 siswi, yang terdiri dari empat kelas. Adapun teknik penarikan sampel (rancangan sampling) dalam penelitian ini menggunakan rancangan sampling nonprobabilitas (tidak menggunakan prinsip kerandoman) berupa sampling purposive, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Untuk sampel yang diambil berjumlah dua kelas, yakni kelas ·IIB yang dijadikan sebagai kelas kontrol berjumlah 45 siswi dan kelas UC yang dijadikan sebagai kelas eksperimen berjumlah 46 siswi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pcngkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji validitas yang dipenuhi adalah uji validitas isi sedangkan untuk uji reliabilitas dengan menggunakan teknik paralel atau double test double trial method. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji nonnalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus uji F:1 Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji "t". Basil penelitian menunjukkan: terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi qira 'ah siswi dalam kelompok eksperimen (kelompok siswi yang menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran qira 'ah) dengan kelompok kontrol (kelompok sis\\-1 yang tanpa menggunakan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran qira 'ah). Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 74,8370, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-ratapost-test 63,7778. Dari rata-rata peningkatan kemampuan hasil belajar materi qira 'ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 24,5109 sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 11,0556. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok, menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar materi qira 'ah pada siswi kelas II MTs Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dan, dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran lialam mengatasi permasalahan pembelajaran qira 'ah, serta untuk memberikan stimulan bagi para peserta didik agar lebih tertarik untuk belajar dan meningkatkan rasa kebersamaan antara mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Coperative Learning, Pembelajaran Qira 'ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 13:52
Last Modified: 19 Sep 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum