PROBLEMATIKA PENGAJARAN QIRA' AH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN SLEMAN

Umi Salamah, NIM.: 01420894 (2005) PROBLEMATIKA PENGAJARAN QIRA' AH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN QIRA' AH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN SLEMAN)
01420894_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA rev.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN QIRA' AH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GODEAN SLEMAN)
01420894_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang problematika yang dihadapi oleh guru bahasa Arab dan siswa kelas n dalam pengajaran qira'ah serta solusi yang digunakan untuk mengatasi problem tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk mengetahui problem-problem yang dihadapi guru bahasa Arab dan siswa kelas II dalam pengajaran qira'ah serta untuk mengetahui solusi yang digunakan untuk mengatasi problem tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Godean Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan,wawancara bebas terpimpin, test, angket, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari rnakna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: ( l) Pelaksanaan pengajaran qira'ah yaitu dengan membacakan, menjelaskan dan mendengarkan yaitu guru terlebih dahulu membacakan qira'ah/bacaan yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa Arab kemudian menjelaskan bacaan tersebut lalu siswa disuruh untuk membaca bacaan tersebut secara bergiliran selanjutnya guru menjelaskan arti dari mufrodat bacaan.(2) Faktor yang dihadapi oleh guru dalam pengajaran qira'ah diantaranya guru kurang mampu dalam mengkondisikan kelas,kurang adanya interaksi dari guru dengan siswa, kurang adanya motivasi dari guru ke siswa. Sedangkan faktor yang dihadapi oleh siswa yaitu kurang pahamnya siswa terhadap pelajaran bahasa Arab,, kurang adanya minat siswa untuk belajar bahasa Arab,lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang mendukung.(3) Solusi yamg digunakan untuk mengatasi problem tersebut yaitu untuk guru dengan membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, memberikan latihan-latihan kepada siswa agar siswa dapat berlatih sendiri bahasa Arab. Sedangkan untuk siswa diberikan jam tambahan atau extrakurtikuler untuk belajar bahasa Arab, diikutkan dalam lomba pidato berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H.A.Janan Asifuddin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Qira'ah, Prestasi Siswa, Bahasa Arab .
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2023 14:24
Last Modified: 19 Sep 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum