KONVERSI AGAMA SANTRI MAJELIS BRENGSEK HIJRAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR, KECAMATAN NEGLASARI, KOTA TANGERANG

Muhamad Zul Lutfi Nasrul Haq, NIM: 18105020027 (2023) KONVERSI AGAMA SANTRI MAJELIS BRENGSEK HIJRAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR, KECAMATAN NEGLASARI, KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONVERSI AGAMA SANTRI MAJELIS BRENGSEK HIJRAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR, KECAMATAN NEGLASARI, KOTA TANGERANG)
18105020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONVERSI AGAMA SANTRI MAJELIS BRENGSEK HIJRAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR, KECAMATAN NEGLASARI, KOTA TANGERANG)
18105020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran anak jalanan terkadang dianggap mengganggu ketertiban umum dan keamanan orang lain, hal tersebut dikarenakan tindak kriminalitas yang sering mereka lakukan, hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak peduli, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, karenanya hal tersebut dapat menimbulkan kesan yang kurang baik terhadap citra bangsa. Kemudian hal tersebut dianggap jauh dari nilai-nilai dan ajaran agama, mungkin karena keterbatasan yang dimilikinya, baik dalam segi pengetahuan keagamaan maupun praktik keagamaan. Namun hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan keberadaan anak jalanan yang menjadi santri di Majelis Taklim Brengsek Hijrah, mereka dikenal sebagai anak jalanan yang sangat peduli terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, selain itu mereka juga selalu taat terhadap nilai-nilai dan ajaran agama, kemudian hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian lebih dalam, apa saja faktor-faktor yang membuat mereka menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak jalanan pada umumnya, bagaimana proses yang telah mereka alami, dan apakah hal tersebut terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan penelitian Psikologi Agama. adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan wawancara, dan observasi, kemudian metode yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif sebagai cara untuk menganalisis data dan ditinjau menggunakan teori Zakiyah Daradjat dan Jalaludin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri Majelis Taklim Brengsek Hijrah mengalami konversi agama yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor konflik jiwa, faktor hubungan dengan tradisi agama, faktor ajakan, faktor emosi, faktor adolesen, faktor teologi dan faktor kemauan. Kemudian mengalami proses tahapan dari konversi agama itu sendiri yaitu, dalam proses konversi agama yang dirasakan oleh santri Majelis Taklim Brengsek Hijrah meliputi periode masa kegelisahan, periode masa krisis konversi, periode masa ketenangan, dan periode masa ekspresi konversi. Lalu ada empat orang santri yang mengalami Konversi Agama dengan Tipe Gradual Conversion (konversi yang bertahap), dan satu orang santri lainnya mengalami Konversi Agama dengan Tipe Sudden Conversion (konversi yang tiba-tiba).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Roni Ismail, S.Th.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: konversi agama; anak jalanan; majelis; santri.
Subjects: Studi Agama Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Sep 2023 12:08
Last Modified: 21 Sep 2023 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum