UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKA TAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE INQUIRY TERPIMPIN POKOK BAHASAN SUHU PADA SISWA KELAS VIII MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006

Nuzhiyati, NIM.: 01460875 (2006) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKA TAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE INQUIRY TERPIMPIN POKOK BAHASAN SUHU PADA SISWA KELAS VIII MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKA TAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE INQUIRY TERPIMPIN POKOK BAHASAN SUHU PADA SISWA KELAS vm MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006)
01460875_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKA TAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE INQUIRY TERPIMPIN POKOK BAHASAN SUHU PADA SISWA KELAS vm MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2005/2006)
01460875_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian m1 bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode antara inquiry terpimpin dengan pendekatan konstruktivisme dan metode diskusi informasi terhadap prestasi belajar fisika, untuk mengetahui pengaruh sikap belajar fisika dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika serta untuk membuktikan adanya interaksi yang signifikan antara penggunaan metode mengajar, sikap belajar fisika, dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika. Subjek penelitian adalah siswa-siswa MTsN Yogyakarta II kelas IIB dan UC, yang terdiri dari 38 dan 37 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mcnggunakan rancangan " The Static Desain Group" dengan model rancangan " The Static Group Comparision; Randomi::ed Control Group Only Design". Hasil penelitian melalui uji anava dan anakova didapat dengan Fhi1 masing-masing adalah 13,747 dan 14,997 dan ini lebih besar dari F1,s% =3,98. Hal m1 menunjukan bahwa metode inquiry terpimpin dengan pendekatan konstrutivisme memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar Fisika daripada metode diskusi informasi baik melibatkan variabel sertaan maupun tanpa mehbatkan variabel sertaan, yang ditandai dengan besamya nilai 11 Y = 4,808 lebih besar dari BRS t,5% yakni 3,708 (/1 Y> BRS t,5%). Dalam penelitian ini variabel sertaanya adalah sikap belajar fisika dan kemampuan numerik yang berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika dengan menghasilkan Fhit sebesar 11,569 dan ini lebih besar dari F1,s%= 3,13 dengan sumbangan efektif sebesar 10,755% dan 13,565%. Selanjutnya untuk interaksi antara penggunaan metode mengajar, sikap belajar fisika dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar fisika ditunjukan dengan harga Fhit sebesar 2,161 yang lebih besar dari F1,s¾= 2,03.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Metode Inquiry Terpimpin, Pembelajaran Fisika
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:45
Last Modified: 20 Sep 2023 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum