EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) MODEL DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN P ADA AMRAD (PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI)

Nurul Hady, NIM.: 01470713 (2005) EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) MODEL DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN P ADA AMRAD (PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) MODEL DALAM l\tIENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN P ADA AMRAD (PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI))
01470713_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) MODEL DALAM l\tIENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN P ADA AMRAD (PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAMI))
01470713_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Paradigma kecerdasan yang berkembang san1pai saat ini sungguh sangat kompleks, mulai dari IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), QQ (Quantum Quotient), ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dan sarnpai pada Kecerdasan Rohaniah yang dikatakan sebagai puncak kecerdasan manusia. Dan masih ada lagi, yaitu Kecerdasan Makrifat (MaQ) nya Abdul Munir Mulkhan. Namun penulis memfokuskan diri pada Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Model nya Ary Ginanjar Agustian. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang objek utamanya adalah buku-buku perpustakaan dan literatur-literatur lainnya. 39 Library research ini menggunakan bahan pustaka sebagai sumber data. Sumber tersebut dibedakan menjadi sumber data utama dan sumber data pendukung. Sumber data utama merupakan sumber data yang menjadi acuan pokok dari pembahasan ini, yaitu buku-buku yang secara eksplisit menguraikan tentang Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Model dan Psikologi Islam. Sedangkan sumber data pendukung adalah data-data atau dokumen pendukung dari data utama yang diperoleh dari buku-buku, jurnal­jurnal dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan pembahasan Hasil penelitian, 1. Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Model ini merupakan sebuah konsep dari Ary Ginanjar Agustian. Sebuah konsep untuk mensinergikan tiga landasan kecerdasan (IQ, EQ dan SQ) dalam satu sistem sekaligus. Dimensi spiritual (SQ) dibentuk oleh Ihsan, dimensi mental (EQ) dibangun oleh 6 Prinsip Rukun Iman (The Principle of Faith). Sedangkan dimensi fisik dibimbing, diarahkan dan dikendalikan oleh 5 langkah Rukun Islam (The Principle of Islam). God Spot terletak pada Dimensi Spiritual di alam tak sadar. Dimensi Psikis (EQ) berada pada alam prasadar. Sedangkan Dimcnsi fisik (IQ) berada pada alam sadar. Dimcnsi Psikis (EQ) atau Dimensi risik (IQ), semua berada pada garis edar yang mcngorbit pada titik sentral yang disebut Titik Tnhan (SQ).Kepribadian Amrad dalam konsep ESQ Model terdiri dari dimensi spiritual, dimensi psikis, dan dimensi fisik. Kepribadian Amrad dikembangkan agar Amrad tersebut memiliki akhlakul karimah, yaitu memiliki sifat Fathonah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh (FAST). Kepribadian dibentuk dengan melakukan penjemihan emosi, membangun mental, kemudian membentuk ketangguhan pribadi dan ketangguhan sosial. Pembentukan kepribadian ini dengan mengandalkan metode Repetitive Magic Power, yaitu arti pentingnya kekuatan pengulangan, karena hal-hal yang diulang-ulang akan menjadi suatu kebiasaan. Kebiasaan yang baik akan membentuk kepribadian yang baik pula Kepribadian yang telah terbentuk disempumakan melalui Prinsip Ihsan, yaitu melakukan sesuatu hal dengan kualitas terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rahmat, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Emotional Spiritual Quotient (ESQ), Zero Mind Process, Meta Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:07
Last Modified: 20 Sep 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum