PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUB KOMPETENSI IBADAH) DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Ika Riyandari, NIM. 03410086 (2007) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUB KOMPETENSI IBADAH) DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUB KOMPETENSI IBADAH) DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL)
03410086_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUB KOMPETENSI IBADAH) DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL)
03410086_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Sub Kompetensi lbadah) di SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul serta efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan dan akhirnya diamalkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan terlibat (Participant ObsenJation), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Sedangkan jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Alasan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (sub kompetensi ibadah) di SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul, antara lain agar tidak menimbulkan pemahaman yang salah dari siswa, agar materi yang disampaikan lebih dapat dipahami oleh siswa, agar siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan agar lebih efektif bagi guru dalam menyampaikan materi. Meteri-rnateri ibadah yang didernonstrasikan adalah kutbah jumat, penyelenggaraan jenazah (mengkafani dan rnensholatkan jenazah) dan praktik manasik haji. (2) Sistem penilaian di SMK Negeri I Wonosari mencakup tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan ketrarnpilan. Metode dernonstrasi efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (sub kompetensi ibadah), siswa lebih paham dan lebih rnenguasai materi dan ada peningkatan dari siswa, ha! ini bisa dilihat hasilnya dari jumlah siswa yang mengikuti remidial (perbaikan) sangat sedikit (nilai mereka telah mencapai standar nilai minimal yaitu 6,00 ke atas).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. M. Asrari Ma'ruf, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, pendidikan agama Islam, SMK N 1 Wonosari
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:31
Last Modified: 29 Sep 2023 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum